Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Gejala Kolesterol Tinggi Dapat Menyerang di Malam Hari, Seperti Apa Rasanya?

Jumat 12 Aug 2022 04:00 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Tidur (Ilustrasi). Ketika penumpukan timbunan kolesterol menyempitkan arteri, hal itu dapat menyebabkan banyak gejala. Salah satunya ialah nyeri otot atau kram di kaki atau lengan hingga mengganggu tidur.

Foto:
Kolesterol tinggi dijuluki 'silent killer'.

Kunci untuk mencegah komplikasi kolesterol dengan merombak gaya hidup, yaitu melalui pola makan dan olahraga. Ada beberapa makanan yang tidak hanya merupakan bagian dari diet sehat, tetapi juga dapat secara aktif membantu menurunkan kolesterol.

Menurut badan amal kolesterol Heart UK, mengurangi lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh adalah cara "hebat" menurunkan kolesterol. Lemak jenuh adalah jenis lemak yang ditemukan dalam mentega, lemak babi, ghee, daging berlemak, dan keju.

Sebaliknya, Heart UK merekomendasikan asupan minyak nabati seperti minyak zaitun, bunga matahari, jagung, lobak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Lalu, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain itu, selai lemak yang terbuat dari minyak nabati, seperti bunga matahari dan minyak zaitun, juga baik. Demikian pula ikan yang berminyak.

"Ikan berminyak adalah sumber lemak tak jenuh yang sehat, khususnya jenis yang disebut lemak omega-3," kata badan amal tersebut.

Hindari kelapa dan minyak sawit karena tinggi lemak jenuh. Anda juga disarankan untuk melakukan setidaknya 150 menit olahraga sepekan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA