Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Malaysia Tarik Es Krim Haagen Dazs Vanila karena Mengandung Etilenoksida

Kamis 11 Aug 2022 21:38 WIB

Red: Nora Azizah

Importir di Malaysia menarik es krim Haagen Dazs dengan ekstrak vanila dari Madagascar karena mengandung etilenoksida (ETO) yang tinggi.

Importir di Malaysia menarik es krim Haagen Dazs dengan ekstrak vanila dari Madagascar karena mengandung etilenoksida (ETO) yang tinggi.

Foto: @haagendazs.id/Instagram
Es krim Haagen Dazs vanila mengandung etilenoksida di luar batas yang diizinkan.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Importir di Malaysia menarik es krim Haagen Dazs dengan ekstrak vanila dari Madagascar karena mengandung etilenoksida (ETO) yang tinggi. Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (11/8/2022), mengatakan, Kementerian Kesehatan telah mengetahui penarikan kembali produk es krim tersebut di pasar Eropa.

Berdasarkan laporan dari Sistem Peringatan Cepat untuk Pangan dan Pakan (RASFF) Uni Eropa, produk itu mengandung zat karsinogenik ETO di atas kadar yang diizinkan. Produk es krim dari Prancis itu juga telah didistribusikan ke beberapa negara termasuk Malaysia.

Baca Juga

Ia mengatakan, sejak laporan itu diterima Kemenkes pada Juli 2022, tindakan tepat telah diambil dan perusahaan pengimpor telah menarik produk es krim tersebut dari pasar secara sukarela. Menurut dia, Kemenkes terus melakukan pemantauan untuk memastikan produk yang mengandung ETO di atas level yang diizinkan tidak dipasarkan di Malaysia.

ETO adalah senyawa gas kimia yang bersifat karsinogenik dan sering digunakan untuk melakukan fumigasi dan membunuh hama seperti serangga. Biasanya, ETO digunakan sebagai bahan aktif dalam detergen, tetapi tidak diperbolehkan penggunaannya pada makanan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA