Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Kajati Sulut Lantik Kolonel Elly J Sumampouw Jadi Aspidmil

Kamis 11 Aug 2022 13:32 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut) di Kota Manado.

Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut) di Kota Manado.

Foto: Antara
Aspidmil Kejati Sulut merupakan organisasi baru sejak 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut), Edy Birton memimpin upacara pengambilan sumpah dan pelantikan Asisten Pidana Militer (Aspidmil) Kejati Sulut Kolonel Laut Elly J Sumampouw di Kota Manado, Rabu (10/8/2022). Kajati Edy Birton mengatakan, kejaksaan sejak 2021, menambah satuan kerja baru Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer.

Hal itu diikuti struktur pejabat yang ada di dalamnya. Sedangkan di daerah telah di bentuk Aspidmil. Dia menjelaskan, selama ini, tugas dan fungsi Aspidmil di Kejati Sulut dilaksanakan oleh Aspidum selaku pelaksana tugas (plt) Aspidmil. Berdasarkan SK Jaksa Agung Nomor: Kep-IV-448/C/07/2022 tanggal 18 juli 2022, telah ditunjuk pejabat definitif, yaitu Kolonel Laut Elly J Sumampouw.

"Berkenan hal tersebut saya ucapkan selamat kepada saudara Kolonel Laut Elly J Sumampouw, SH sebagai Aspidmil pada Kejati Sulut. Saya yakin penempatan saudara pada jabatan ini akan mampu mendukung, menguatkan dan melengkapi dalam upaya membangun kejaksaan khususnya organisasi Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer," katanya di Kota Manado, Kamis (11/8/2022).

Edy mengatakan, bidang pidana militer merupakan struktur baru di kejaksaan RI. Salah satu tugas dan fungsinya adalah untuk mengkoordinasikan penanganan perkara koneksitas, yaitu perkara tindak pidana yang melibatkan anggota TNI atau militer dan warga sipil.

Adapun Aspidmil Kejati Sulut wilayah kerjanya, meliputi Provinsi Sulut, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, menurut Edy, Aspidmil yang baru dilantik diharapkan segera beradaptasi dengan lingkungan tugas yang baru.

"Laksanakan tugas sebaik-baiknya, yaitu mengkoordinasikan pelaksanaan penanganan perkara koneksitas yang ada di wilayah Sulut, Gorontalo dan Sulteng. Sehingga salah satu tujuan dibentuknya struktur organisasi yang baru ini untuk mewujudkan single prosecution system atau penuntut umum tunggal yang dilakukan oleh kejaksaan sebagai pemegang asas dominus litis dapat terwujud," kata Edy.

Dia juga menginginkan, pejabat baru dapat memberi rasa keadilan, memberikan kepastian hukum, kemanfaatan hukum bagi masyarakat umum dan prajurit TNI pada khususnya. "Sebagai struktur baru pasti banyak hambatan dalam pelaksanaan tugasnya nanti, saya berharap hambatan serta kendala tersebut tidak menyurutkan semangat, tetapi sebaliknya menambah semangat," kata Edy.

Sebelum menjabat Aspidmil Kejati Sulu, Kolonel Elly J Sumampouw menjabat sebagai Kabid Hukum dan Informasi (Analis Kebijakan Ahli Madya) Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah Bakamla. Pelantikan itu dihadiri Wakil Kajati Sulut Fredy Runtu, Asisten Intelijen Stanley Yos Bukara, Asisten Pembinaan Topik Gunawan, hingga Asisten Tindak Pidana Khusus Eko Prayitno.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA