Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Koalisi Gerindra-PKB akan Dideklarasikan pada Sabtu Ini

Kamis 11 Aug 2022 13:10 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersalam komando dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) usai mendaftarkan partainya masing-masing sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). Gerindra menjadi partai ke-17 dan PKB menjadi partai ke-18 yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersalam komando dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) usai mendaftarkan partainya masing-masing sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). Gerindra menjadi partai ke-17 dan PKB menjadi partai ke-18 yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU.

Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Koalisi Gerindra-PKB akan dideklarasikan pada rakernas di Sentul, Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Gerindra akan menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada Sabtu (13/8/2022), di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor. Salah satu agendanya adalah mendeklarasikan koalisi untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Tentu pemilihan waktu deklarasi ini sengaja menunggu selesainya event Rapimnas Gerindra karena kami menghormati forum tersebut," ujar Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Syaiful Huda lewat keterangan tertulisnya, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga

Proses kerja sama politik Partai Gerindra dan PKB dilakukan tahapan per tahapan secara seksama. Menurutnya, langkah ini penting agar koalisi yang dilakukan benar-benar menjadi kesepakatan kedua belah pihak.

"Maka kami sangat menghitung proses kerja sama politik ini mulai dari komunikasi kedua ketua umum, dilanjutkan pertemuan antar-pengurus wilayah, kemudian kemarin kita baru saja daftar bareng sebagai parpol peserta Pemilu 2024 ke KPU," ujar Huda.

"Nanti akan diresmikan melalui deklarasi bersama dengan penandatangan kesepakatan kerja sama politik hitam di atas putih," sambungnya.

Rencana deklarasi koalisi Partai Gerindra dan PKB akan dihadiri ribuan kader kedua partai politik. Nantinya, Prabowo Subianto dan Abdul Muhaimin Iskandar akan menyampaikan orasi politiknya.

"Nantinya selain dibacakan piagam deklarasi juga Pak Bowo dan Gus Muhaimin akan menyampaikan orasi politik tentang visi mereka tentang Indonesia," ujar Ketua Komisi X DPR itu.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar irit bicara soal peluang keduanya menjadi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Namun, Muhaimin melontarkan sebuah pantun yang menyebut Prabowo sudah memenuhi harapan.

"Gulo jowo dideke nang papan (gula jawa ditaruh di papan), Pak Prabowo memenuhi harapan," ujar Muhaimin usai mendaftarkan partainya di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (8/8/2022).

"Satu lagi, kaum muslimin dan muslimat. Cak Imin membawa selamat," sambungnya yang disambut tawa oleh Prabowo, pengurus Partai Gerindra dan PKB.

Prabowo sendiri menjelaskan bahwa partainya akan menggelar Rapimnas pada 13 Agustus mendatang. Jika forum tersebut mengamanatkan Prabowo untuk kembali menjadi capres, ia mengaku siap menerima amanah tersebut.

"Kalau saya dapat tugas, saya anggap tugas itu tugas yang suci untuk berbakti dan mengabdi kepada rakyat. Tentunya harus saya terima dengan baik seandainya nanti dicalonkan," ujar Prabowo.

Baca juga : Genjer Genjer-nya Nyoto, Konser Dream Theater Zaman Cak Imin dan Munajat Cinta Prabowo

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA