Kamis 11 Aug 2022 12:34 WIB

Citra Satelit Tunjukan Es Antartika Meleleh Lebih Cepat dari Perkiraan

Dalam 25 tahun terakhir kecepatan lelehan es naik dua kali lipat

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
 Gletser di tepi Antartika pecah atau membelah lebih cepat dibandingkan kemampuan alam menggantinya kembali. Satelit menunjukkan dalam 25 tahun terakhir kecepatan lelehan es lapisan terbesar di dunia itu naik dua kali lipat.
Foto: Esmee van Wijk/CSIRO
Gletser di tepi Antartika pecah atau membelah lebih cepat dibandingkan kemampuan alam menggantinya kembali. Satelit menunjukkan dalam 25 tahun terakhir kecepatan lelehan es lapisan terbesar di dunia itu naik dua kali lipat.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Gletser di tepi Antartika pecah atau membelah lebih cepat dibandingkan kemampuan alam menggantinya kembali. Satelit menunjukkan dalam 25 tahun terakhir kecepatan lelehan es lapisan terbesar di dunia itu naik dua kali lipat.

Penelitian pertama dalam bidang ini yang dipimpin peneliti dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA dipublikasikan di jurnal Nature. Hasil penelitian menimbulkan kekhawatiran baru tentang seberapa cepat pemanas global menipiskan es Antartika dan menaikan permukaan air laut.

Penelitian ini menemukan jumlah es pada gletser Antartika yang pecah lalu kembali ke laut hampir sama banyaknya dengan es yang meleleh karena penipisan dari bawah yang disebabkan memanasnya air laut.

Penelitian itu menyebutkan sejak 1997 penipisan dan pembelahan mengurangi massa es Antartika sebanyak 12 triliun ton. Dua kali lipat dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Ilmuwan JPL Chad Greene dalam penelitiannya mengatakan bongkahan es yang hilang karena pecah pada kuartal terakhir abad ini hampir 37 ribu kilometer persegi, hampir seluas Swiss.

"Tepi Antartika runtuh, dan ketika bongkahan es melemah dan menyusut, gletser besar di benua itu akan meningkatkan dan mempercepat kenaikan permukaan air laut," katanya dalam temuan NASA itu, Kamis (11/8/2022).

Ia mengatakan konsekuensinya bisa sangat besar. Antartika menahan 88 persen potensi permukaan air laut di seluruh daratan es.

Bongkahan yang menempel di daratan es yang mengapung permanen di air beku butuh ribuan tahun untuk terbentuk. Bongkahan itu berfungsi menahan gletser yang jika bongkahan itu tidak ada maka akan dapat masuk ke air laut dengan cepat dan kemudian menaikan permukaan air laut.

Ketika bongkahan itu stabil, siklus bongkahan itu pecah dalam jangka panjang dan terbentuk kembali ke ukuran sebelumnya cukup konstan. Tapi beberapa puluh tahun terakhir air yang menghangat memperlemah bongkahan dari bawah.  

Fenomena ini sebelumnya didokumentasikan satelit altimeter yang mengukur perubahan ketinggian es. Menurut NASA sejak 2002 sampai 2020 rata-rata Antartika kehilangan 149 juta ton es per tahun.

Tim peneliti Green mensintesis citra satelit dari panjang gelombang infra-merah yang terlihat dan radar untuk memetakan aliran gletser dan pecahan sejak 1997 dengan lebih akurat dari sebelumnya pada 50 ribu kilometer pinggir Antartika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement