Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

BPJamsostek Jakarta Gambir Optimalkan Naker Menjadi Peserta Lewat Agen PERISAI

Kamis 11 Aug 2022 12:01 WIB

Red: Muhammad Hafil

BPJamsostek Jakarta Gambir Optimalkan Naker Menjadi Peserta Lewat Agen PERISAI

BPJamsostek Jakarta Gambir Optimalkan Naker Menjadi Peserta Lewat Agen PERISAI

Foto: Dok Republika
Agen PERISAI merupakan perpanjangan BPJAMSOSTEK.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Untuk melakukan optimalisasi pencapaian potensi akuisisi tenaga kerja (naker) yang belum terdaftar sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan di Wilayah Jakarta Pusat dan sekitarnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Jakarta Gambir bersama dengan 25 Agen PERISAI dan tiga Calon Agen PERISAI lakukan monitoring dan evaluasi kinerja Semester I Tahun 2022, Rabu (10/8/2022).

Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (PERISAI) merupakan perpanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia yang menggunakan skema keagenan dalam mengakuisisi peserta Bukan Penerima Upah (BPU). 

Baca Juga

Agen PERISAI bertugas untuk mengedukasi, mensosialisasi, serta memberikan pemahaman program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat pekerja. Dengan adanya agen PERISAI diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat pekerja akan pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, tidak peduli apapun profesi yang sedang dijalani.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini dilakukan BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir sebagai bentuk silahturami untuk memperkuat kordinasi terkait dengan kepesertaan dan juga sebagai sarana agar untuk update informasi ketika ada peraturan-peraturan terbaru.

Chairul Arianto selaku Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir menyampaikan, 

“Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan para agen PERISAI tidak memiliki kendala pada saat dilapangan karena keterbatasan informasi, untuk itu kami selalu memberikan update informasi terbaru terkait program BPJS Ketenagakerjaan dan sistem keagenan PERISAI terbaru."

Tidak hanya itu, Chairul juga menambahkan bahwa pada kesempatan kali ini kami telah memberikan penghargaan kepada agen PERISAI dengan akuisisi tertinggi yaitu atas nama Lutfi Suprijatna, Saelah, dan Sri Yunianti.

“Penghargaan yang kami berikan merupakan bentuk apresiasi atas semangat yang telah diberikan para agen PERISAI dalam rangka memastikan seluruh pekerja terdaftar manfaat program BPJS Ketenagakerjaan” ujar Chairul.

Lutfi Suprijatna sebagai salah satu perwakilan agen PERISAI menyampaikan “Terimakasih kepada BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir atas penghargaan yang telah diberikan karena ini akan menjadi penyemangat kami dalam melakukan akuisisi tenaga kerja, kedepannya kami akan selalu berkordinasi dengan BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir apabila terjadi kendala pada saat dilapangan”.

Setelah dilakukan monitoring dan evaluasi ini diharapkan para agen PERISAI tidak hanya menjadi tolak ukur namun harus bisa menjadi pelopor dalam melakukan akuisisi peserta sehingga terciptanya universal coverage jaminan sosial ketenagakerjaan di Wilayah Jakarta Pusat.

BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir berkomitmen untuk selalu memberikan update informasi baik kepada para agen PERISAI, lembaga pemerintahan, maupun kepada perusahaan agar para peserta memahami betul apa saja hak dan kewajiban yang diperoleh ketika menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Nur Amali selaku Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus dan perwakilan dari BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir.

BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir juga menyampaikan informasi bahwa peserta dapat mengajukan klaim JHT secara online melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) atau dapat dilakukan juga dengan mengakses website www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan juga dapat menerima layanan informasi melalui Call Center 175 terkait program dan manfaat BPJAMSOSTEK.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA