Kamis 11 Aug 2022 11:15 WIB

ASEAN dan Meksiko Miliki Kesamaan Budaya

Kesamaan budaya bisa menjadi sumber kedekatan ASEAN dengan Meksiko

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Bendera Negara-Negara ASEAN
Foto: AP/VOA
Bendera Negara-Negara ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Meksiko Cheppy T. Wartono mengatakan, bahwa terdapat kesamaan antara negara anggota ASEAN dan Meksiko dalam hal keragaman budaya. Hal ini dapat menjadi sumber kedekatan ASEAN dengan Meksiko.

Hal tersebut disampaikan dalam Dubes RI dalam membuka ASEAN+3 Bazaar di Teatro Angela Peralta, Miguel Hidalgo, Mexico City akhir pekan lalu. Sekitar 1.500 orang memenuhi bazar yang diinsiasi Kedubes RI di Mexico City bertepatan dengan ulang tahun ke-55 ASEAN.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ASEAN+3 dan mendorong persahabatan, dan saling pengertian dengan masyarakat Meksiko," kata Dubes Cheppy dalam keterangan persnya pada Kamis (11/8/2022).

Acara tersebut diikuti oleh kedutaan besar negara anggota ASEAN dan negara mitra ASEAN (Cina, Jepang dan Korea Selatan) di Meksiko. Kegiatan dimulai pada pukul 11.00 dan dibuka oleh sambutan dari Wali kota Mexico City Miguel Hidalgo, Mauricio Tabe, sambutan dari Duta Besar RI Mexico City (Ketua ASEAN Committee in Mexico City/ACMC), Dubes negara mitra ASEAN, serta dari kepala bagian hubungan internasional Pemerintah Kota Miguel Hidalgo.

ASEAN+3 Bazaar menampilkan pertunjukan tari, musik, dan bela diri dari negara anggota dan mitra ASEAN. Penampilan tersebut juga diselingi dengan undian doorprize dengan beragam hadiah menarik.

Di saat bersamaan, kedutaan besar negara anggota dan negara mitra ASEAN juga membuka booth makanan dan kerajinan tangan. Para pengunjung tampak antusias menikmati pertunjukan kebudayaan dan makanan yang disediakan.

Penampilan kebudayaan dibuka dengan tarian Bajidor Kahot yang berasal dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Pihak Indonesia juga menampilkan tarian Joged Pingitan asal Bali, Tarian Betawi bernama Tan Hana Darmawangsa, dan sebuah tari modern.

Sementara itu kedutaan besar lain menampilkan beragam tarian, musik, dan bela diri yang berhasil menghibur ribuan penonton yang hadir. Makanan Indonesia yang dijual pada acara tersebut diantaranya adalah nasi bali, sate, nasi goreng, lontong, bakso, siomay, batagor, kue dadar gulung, nagasari, talam ubi dan es cendol.

ACMC merupakan forum kegiatan bersama yang dilakukan oleh Kedutaan Besar negara anggota ASEAN di Mexico City yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Keketuaan ACMC dipegang secara bergilir oleh setiap kedutaan besar selama 6 bulan di mana Indonesia memegang keketuaan untuk periode Juli – Desember 2022.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement