Kamis 11 Aug 2022 03:21 WIB

Konflik SBM ITB, Rektor dan Forum Orang Tua Mahasiswa Bertemu

Rektor menyampaikan keputusannya terkait transformasi ITB tak memuaskan semua pihak.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Kampus SBM ITB Jln Gelap Nyawang Kota Bandung.
Foto: Humas SBM ITB
Kampus SBM ITB Jln Gelap Nyawang Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rektor ITB Reini Wirahadikusumah telah melakukan pertemuan dengan perwakilan Forum Orang Tua Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Ali Nurdin, Senin (8/8/2022). Pertemuan tersebut menyikapi konflik di tubuh SBM ITB, terakhir Forum Orang Tua Mahasiswa sempat menyomasi rektor.

Ali Nurdin mengaku, diundang dan telah bertemu Rektor ITB pada Senin (8/8/2022) kemarin di gedung rektorat. Pertemuan yang berlangsung selama 1 jam 30 menit tersebut lancar dan terjadi dialog kedua belah pihak.

"Saya sempat menanyakan kepada rektor ITB kenapa hanya saya yang hadir, rektor menjawab karena ia selama ini menjadi juru bicara orang tua," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (10/8/2022).

Pada pertemuan tersebut, dia mengungkapkan, rektor sempat menanyakan alasan orang tua mahasiswa menyomasi dirinya dan terkesan tidak percaya kepada institusi. Ali mengatakan, somasi dilakukan karena permohonan audiensi tidak pernah direspons.

"Saya menghargai dan menyambut gembira sikap Rektor ITB yang mau membuka pintu dialog dengan mengundang dirinya sebagai perwakilan orang tua mahasiswa SBM ITB," ungkapnya.

Dia mengatakan, rektor pun menyampaikan keputusannya terkait transformasi ITB tidak akan memuaskan semua pihak. Namun, dia mengatakan, rektor mengaku keputusan yang diambil demi kebaikan kampus ITB.

"Rektor ITB menyampaikan komitmennya untuk menjamin mutu pendidikan di SBM tidak akan berkurang dengan tetap menjaga standarisasi AACSB yang diperoleh SBM ITB," katanya.

Ali menambahkan, rektor mengatakan tuntutan orang tua mahasiswa tentang kegiatan pendidikan di SBM sudah dipenuhi, sehingga orang tua tidak perlu khawatir. Dia pun meminta, agar rektor ITB langsung menyampaikan hal tersebut kepada orang tua mahasiswa.

"Penjelasan Rektor ITB tersebut dapat langsung disampaikan kepada forum orang tua mahasiswa SBM karena kapasistasnya dalam pertemuan diundang secara pribadi," katanya.

Ali menambahkan, penjelasan oleh rektor dan dekanat SBM kepada orang tua mahasiswa diharapkan akan lebih terbuka dan terjadi dialog serta bisa dijawab langsung. Diharapkan, pertemuan nanti dapat menyelesaikan masalah-masalah yang berlarut-larut.

Oleh karena itu, rektor akan medelegasikan untuk bertemu dengan orang tua mahasiswa sebab banyak agenda kegiatan kampus. Agenda pertemuan sendiri akan dilakukan dalam jangka waktu dekat.

"Untuk pertemuan dengan orang tua mahasiswa SBM, tektor akan mendelegasikan kepada Dekanat SBM dan kaprodi di lingkungan SBM untuk mengundang forum orang tua mahasiswa SBM menjelaskan perkembangan kebijakan pendidikan di SBM ITB dan jaminan tidak adanya penurunan kualitas pendidikan di SBM," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement