Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

TikTok Uji Coba Fitur Tingkatkan Fitur Pencarian, Ancaman Serius Bagi Google

Rabu 10 Aug 2022 19:06 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda

Logo aplikasi TikTok. Fungsi pencarian TikTok memungkinkan pengguna untuk menemukan konten dan tren.

Logo aplikasi TikTok. Fungsi pencarian TikTok memungkinkan pengguna untuk menemukan konten dan tren.

Foto: AP/Kiichiro Sato
TikTok bisa menjadi ancaman baru bagi Google Search.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform media sosial TikTok sedang menguji fitur baru yang bertujuan meningkatkan fungsi pencarian aplikasi video pendek populer. Fitur baru itu menyoroti kata kunci dalam komentar dan tautan ke hasil pencarian untuk istilah tersebut.

Fungsi pencarian TikTok memungkinkan pengguna untuk menemukan konten dan tren. Fitur baru akan membawa kemampuan pencarian aplikasi tersebut menjadi lebih luas.

Baca Juga

Fitur pengujian juga menunjukkan TikTok tertarik untuk bersaing lebih dari sekadar pesaing media sosialnya. Sebab, sekarang TikTok ingin mengusik produk inti Google.

Tampaknya, fitur tersebut saat ini tersedia untuk sekelompok kecil pengguna yang merupakan bagian dari pengujian terbatas. Uji coba dilakukan karena Google telah mengakui bahwa TikTok memotong produk Search-nya.

Wakil Presiden Senior Google Prabhakar Raghavan yang menjalankan organisasi Pengetahuan & Informasi Google, belum lama ini mengatakan, pengguna yang lebih muda sering beralih ke aplikasi seperti Instagram dan TikTok daripada Google Search atau Maps.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA