Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Taylor Swift Jawab Tudingan Lirik 'Shake It Off' Hasil Jiplakan

Rabu 10 Aug 2022 16:09 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Musisi Taylor Swift. Mengomentari gugatan penjiplakan lagu Playas Gon Play pada 2017 lalu, Swift menyebut belum pernah mendengar lagu itu saat menggarap Shake It Off.

Musisi Taylor Swift. Mengomentari gugatan penjiplakan lagu Playas Gon Play pada 2017 lalu, Swift menyebut belum pernah mendengar lagu itu saat menggarap Shake It Off.

Foto: EPA
Taylor Swift digugat pada 2017 karena diduga menjiplak lirik 'Playas Gon' Play'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Taylor Swift akhirnya angkat bicara mengenai gugatan hak cipta yang dilayangkan kepadanya pada 2017 lalu. Pada saat itu, Swift dituding mencuri lirik lagu lain untuk digunakan sebagai lirik "Shake It Off", lagu yang membuatnya dianugerahi tiga nominasi Grammy.

Gugatan tersebut dilayangkan oleh penulis lirik lagu Sean Hall dan Nathan Butler. Keduanya mengklaim Swift mencuri lirik lagu "Playas Gon' Play" yang dipopulerkan oleh 3LW dan menjadi hit para 2001.

Baca Juga

Dalam dokumen pengadilan yang dilihat oleh Billboard, Swift menyatakan bahwa dirinya tak pernah mendengar lagu "Playas Gon' Play" sebelumnya. Swift juga menegaskan bahwa lirik "Shake It Off" ditulis sepenuhnya oleh dirinya sendiri.

"Dalam menulis lirik ('Shake It Off)', saya menuangkan sebagian pengalaman-pengalaman hidup saya," jelas Swift, seperti dilansir PageSix, Rabu (10/8/2022).

 
Lirik tersebut juga ditulis berdasarkan perhatian publik yang tak pernah henti menyoroti kehidupan pribadi Swift. Penyanyi berusia 32 tahun itu kerap menjadi objek artikel "clickbait", manipulasi publik, dan kritik negatif yang personal.
 
"Yang kemudian saya sadari saya hanya perlu mengabaikannya dan fokus pada musik saya," tulis Swift, menurut Billboard.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA