Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Spotify Pisahkan Musik dan Podcast Agar Terlihat Makin Teratur

Rabu 10 Aug 2022 14:14 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Christiyaningsih

Spotify memberikan perubahan besar pada halaman Home aplikasi dengan membuat Feed terpisah untuk musik dan podcast. Ilustrasi.

Spotify memberikan perubahan besar pada halaman Home aplikasi dengan membuat Feed terpisah untuk musik dan podcast. Ilustrasi.

Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Layanan streaming musik Spotify memberikan perubahan besar pada halaman Home

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Layanan streaming musik Spotify memberikan perubahan besar pada halaman Home aplikasi dengan membuat Feed terpisah untuk musik dan podcast. Perubahan tersebut diumumkan oleh Spotify pada Selasa dan fitur baru mulai diluncurkan ke pengguna Android.

Sedangkan untuk pengguna Apple, aplikasi akan menerima pembaruan lebih lama. Halaman Home yang diubah akan mempunyai dua tab terpisah di sudut kiri atas layar berlaber “Music” dan “Podcasts & Shows”. Mengetuk tab Music akan membawa pengguna langsung ke musik yang telah pengguna dengar dan memberi pengguna daftar putar serta rekomendasi musisi berdasarkan genre musik yang paling sering didengar.

Baca Juga

Sementara tab Podcasts & Shows akan menampilkan episode terbaru dari podcast favorit pengguna dan memberikan saran yang baru. Bagi mereka yang mendengarkan menggunakan Spotify untuk mendengarkan podcast lebih dari musik, mereka akan dapat membaca sinopsis episode terbaru yang muncul begitu mengklik tab Podcasts & Shows.

Pengguna juga dapat menyimpan episode ke bagian Your Episodes dan mulai mendengarkannya tanpa meninggalkan halaman. Fitur baru ini dibuat dalam upaya untuk mendorong lebih banyak rekomendasi kepada pendengar, tetapi juga menghilangkan kekacauan karena musik dan podcast bercampur di satu tempat.

Dilansir Digital Trends pada Rabu (10/8/2022), halaman Library memiliki ide yang sama untuk memisahkan musik dan podcast. Akan tetapi memiliki beberapa tab tambahan seperti Playlists, Artists, Albums, dan Downloaded yang dapat membuat proses menemukan konten yang ingin pengguna dengar saat ini menjadi lebih merepotkan . Tidak jelas apakah tab di halaman Home akan menyelamatkan pengguna dari ketukan ekstra, tetapi senang melihat bahwa aplikasinya sedikit lebih teratur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA