Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Malam Nusantara Lampung Geleorakan Semangat Kebangsaan dan Dorong UMKM

Rabu 10 Aug 2022 07:34 WIB

Red: Irwan Kelana

Dekranasda Provinsi Lampung menggelar acara Malam Nusantara di Bandar Lampung, Senin (8/8/2022).

Dekranasda Provinsi Lampung menggelar acara Malam Nusantara di Bandar Lampung, Senin (8/8/2022).

Foto: Dok Dekranasda Lampung
Acara itu  diadakan  oleh Dekranasda Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG --  Malam Nusantara dengan tema Semangat Kesatuan Memajukan UMKM Lampung  digelar di gedung Graha Wangsa Bandar Lampung, Senin (8/8/2022).

Acara ini dimulai dengan tarian pembuka Cakrawala Nusantara yang mencerminkan keanekaragaman budaya, adat istiadat, dan aneka ragam bahasa merupakan ciri khas Indonesia. Kemudian pembacaan doa yang dipimpin  oleh Dr  H Bukhori Muslim  Lc.

Gubernur Lampung Ir H Arinal Djunaidi pada kata sambutannya saat membuka acara mengungkapkan rasa haru dan bangga melihat para undangan/tamu mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah  diseluruh Tanah Air tercinta.

“Kemajemukan dan perbedaan merupakan rahmat Allah yang harus kita syukuri dan kita kelola dengan arif serta terus bergandengan tangan meningkatkan semangat persatuan, menguatkan tenggang rasa dan toleransi sebagai wujud nyata dari falsafah hidup berbandsa bernegara yaitu Bhineka Tunggal Ika,” kata  Arinal seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (9/8/2022).

Arinal juga mengatakan bahwa Ketua Dekranasda Provinsi Lampung menggagas dan mpersembahkan acara Malam Nusantara untuk mendorong  semangat kebangsaan dengan terus membela UMKM dan produk-produk lokal, kreativitas seni budaya,  juga event-event yang dilandasi inovasi dan kolaborasi untuk kebangkitan ekonomi. 

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Hj  Riana Sari Arinal mengatakan dalam kata sambutannya, acara tersebut mengusung tema HUT RI ke 77 Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat yang merefleksikan nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika untuk mempersatukan Indonesia Maju yang menjadi landasan acara Malam Nusantara.

“Acara ini bertujuan untuk menggambarkan keaneka ragaman suku adat Lampung yang hidup bersama secara harmonis serta menggelorakan rasa kebangsaan melalui tampilan  berbagai pakaian adat nuasantara dan kesenian daerah,” ungkap Riana. 

Riana menambahkan, Provinsi Lampung dengan sumberdaya alam yang kaya dan aneka ragam budaya, maka Dekranasda berkomitmen untuk  memperkenalkan dan melestarikan budaya daearah, membantu dan membina UMKM agar menghasilkan produk berkualitas dengan nilai-nilai daerah serta nilai ekonomi tinggi, serta ruang promosi terutama pada Pameran Kriya Nusa. 

“Kegiatan yang digelar Dekranasda Lampung pada tahun ini merupakan ikon dari Pameran Kriya Nusa yang diselenggarakan Dekranas Pusat pada tanggal 21-25 September tahun 2022 di hall A JCC Jakarta,” kata Riana.

Acara ini dihadiri oleh anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Bupati/Walikota serta Ketua Dekranasda se-Provinsi Lampung, kepala Bank Indonesia Perwakilan Lampung, direktur utama Bank Lampung, para pejabat, stakeholders, pelaku usaha, pemerhati budaya, tokoh masyarakat, tokoh adat, pimpinan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, asosiasi, serta akademisi.

Gamolan Pakhing atau Cetik Lampung tampilan dari eselon II Pemda Provinsi Lampung memeriahkan acara serta paduan suara Sai Choir dengan medley lagu daerah tampil pada perhelatan ini. Tak ketinggalan  hiburan dari Dide Hijau Daun, dan Andhika Mahesa serta Nania Idol.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA