Selasa 09 Aug 2022 14:28 WIB

3 Manfaat Masak Bersama untuk Keluarga

Ciptakan waktu berkualitas, keluarga bisa mencoba memasak bersama.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu dan anak memasak bersama. Secara umum, memiliki waktu berkualitas bersama keluarga dapat membawa manfaat besar bagi tumbuh kembang anak.
Foto: Republika/Prayogi
Ibu dan anak memasak bersama. Secara umum, memiliki waktu berkualitas bersama keluarga dapat membawa manfaat besar bagi tumbuh kembang anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah situasi pandemi yang berangsur normal, orang tua dan anak mulai disibukkan kembali dengan aktivitas bekerja atau belajar di luar rumah. Terlepas dari beragam kesibukan yang ada, penting bagi orang tua dan anak untuk tetap memiliki waktu berkualitas yang bisa mereka lalui bersama-sama. Salah satunya adalah lewat aktivitas memasak bersama.

Menurut psikolog anak dan keluarga dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, waktu berkualitas merupakan waktu di mana satu keluarga berkumpul untuk melakukan kegiatan bersama-sama. Di momen ini, ada interaksi yang tercipta dan aktivitas yang melibatkan semua anggota keluarga.

Baca Juga

"Bukan masing-masing asik sendiri di satu ruangan," jelas Vera dalam konferensi pers daring bersama Kraft Quick Melt, Senin (8/8/2022).

Vera mengungkapkan bahwa kegiatan untuk menciptakan waktu berkualitas bersama keluarga ini tak harus berupa kegiatan besar, seperti liburan. Kegiatan sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari, seperti memasak, juga bisa menghadirkan waktu yang berkualitas di tengah keluarga.

"Dalam memasak itu ada interaksi, diskusi, kedekatan, dan yang istimewa ada bau-bauan. Penelitian bilang, memori akan bau itu bertahan paling lama," pungkas Vera.

Selain dapat menciptakan momen yang mendekatkan antaranggota keluarga, memasak bersama juga dapat membawa beberapa manfaat lain. Saat berdiskusi mengenai menu yang akan dimasak, misalnya, anak akan belajar untuk saling menghargai.

Saat usulan anak dalam memasak didengarkan oleh orang tua, hal tersebut bisa membuat merasa anak dihargai. Keterlibatan anak dalam mengolah makanan yang akan mereka santap juga bisa membuat anak lebih menghargai makanan.

Secara umum, memiliki waktu berkualitas bersama keluarga dapat membawa manfaat besar bagi tumbuh kembang anak. Beberapa di antaranya adalah membantu mengembangkan karakter anak, memunculkan rasa percaya diri, serta mendekatkan ikatan antarkeluarga.

Berdekatan bersama keluarga juga dapat memunculkan hormon cinta atau hormon oksitosin. Hormon ini bisa memunculkan rasa kasih, tenang, dan nyaman.

"Buat orang tua, (berdekatan bersama anak) bisa untuk pereda stres," ujar Vera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement