Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Snapchat Luncurkan Family Center, Orang Tua Bisa Lihat Daftar Teman Anak

Selasa 09 Aug 2022 14:17 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Aplikasi Snapchat. Snapchat Luncurkan Family Center, Orang Tua Bisa Lihat Daftar Teman Anak

Aplikasi Snapchat. Snapchat Luncurkan Family Center, Orang Tua Bisa Lihat Daftar Teman Anak

Foto: Theverge
Dalam Family Center, orang tua tidak dapat membaca riwayat obrolan Snapchat anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Snapchat meluncurkan portal kontrol orang tua yang memungkinkan orang tua dapat mengawasi dengan siapa anak mereka mengobrol. Fitur dalam aplikasi baru yang disebut Family Center menunjukkan daftar teman anak-anak mereka dan siapa saja yang mereka kirimi pesan dalam tujuh hari terakhir.

Orang tua hanya dapat melihat dengan siapa anak mereka mengobrol, tetapi tidak dapat membaca riwayat obrolan. Menurut Snap, kontrol orang tua ini dirancang agar orang tua terlibat dengan anak mereka di dunia nyata saat mereka tahu sebagian besar dengan siapa anak mereka bergaul.

Baca Juga

Selain itu, orang tua juga dapat secara rahasia melaporkan akun yang menurut mereka mungkin melanggar aturan Snap dari Family Center. Pada Januari lalu, Snapchat mengubah fitur rekomendasi teman menyusul seruan meningkatkan keamanan pada aplikasi dengan mempersulit orang dewasa terhubung dengan pengguna remaja.

Secara khusus, Snapchat berhenti menampilkan akun yang dimiliki oleh pengguna berusia 13 hingga 17 tahun di Quick Add. Remaja juga tidak dapat memiliki profil publik dan harus menjadi teman bersama untuk dapat berkomunikasi satu sama lain. Tidak hanya itu, akun mereka hanya akan muncul di hasil pencarian dalam keadaan tertentu.

Snap berjanji untuk meluncurkan kontrol orang tua baru dan fitur lain yang dirancang melindungi pengguna di bawah umur pada layanannya tahun lalu. Ini terjadi ketika anggota parlemen memberikan tekanan pada jejaring sosial dan aplikasi yang melayani remaja, seperti Snapchat dan TikTok untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi anak-anak di platform mereka.

Dilansir Engadget, Selasa (9/8/2022), Family Center sepenuhnya bersifat sukarela. Para remaja selalu dapat meninggalkan portal jika mereka mau. Bahkan, mereka akan diberi pilihan untuk menerima atau mengabaikan undangan orang tua untuk bergabung. Karena fitur tersebut dibuat untuk anak di bawah umur, pengguna yang berusia 18 tahun secara otomatis akan dihapus dari alat tersebut.

Perusahaan berencana meluncurkan lebih banyak fitur untuk Family Center. Ini akan memungkinkan orang tua dengan mudah melihat teman-teman terbaru yang ditambahkan anak mereka dalam beberapa pekan mendatang. Selama beberapa bulan ke depan juga, Snap akan menambahkan kontrol konten untuk orang tua dan kemampuan bagi anak untuk memberi tahu orang tua mereka setiap kali mereka melaporkan akun atau konten.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA