Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Soal Dankormar Dijabat Jenderal Bintang Tiga, KSAL: Pasti Indah Pada Waktunya

Selasa 09 Aug 2022 04:14 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus raharjo

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau lahan yang bakal dijadikan Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) di sekitar lokasi calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (30/6/2022).

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau lahan yang bakal dijadikan Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) di sekitar lokasi calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (30/6/2022).

Foto: Dok. Dispenal
Saat ini, Korps Marinir TNI AL dipimpin Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menuturkan, proses rencana Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI AL akan dijabat oleh perwira tinggi jenderal bintang tiga masih terus dilakukan. Menurut dia, rencana kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi ini hanya tinggal menunggu waktu.

“Kalau itu tunggu waktunya saja. Sudah kita ajukan, nanti pasti akan indah pada waktunya,” kata Yudo di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/8/2022).

Baca Juga

Yudo menjelaskan, sebelumnya TNI Angkatan Laut sudah mengajukan kenaikan pangkat bagi Komandan Korps Baret Ungu ini dari mayor jenderal menjadi letnan jenderal. Dia menuturkan, pengajuan itu dilakukan pihaknya melalui Mabes TNI.

“Yang lalu kan sudah saya sampaikan bahwa Marinir sudah kita ajukan ke Mabes TNI, Mabes TNI ajukan ke Sekmil (Sekretariat Militer Presiden),” ujar KSAL Yudo.

Untuk diketahui, saat ini, Korps Marinir TNI AL dipimpin oleh Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto. Dalam organisasi Korps Marinir TNI AL, penamaan pangkat menggunakan istilah pangkat seperti TNI Angkatan Darat.

Adapun rencana Komandan Korps Marinir TNI AL dijabat oleh jenderal bintang tiga sudah diungkapkan sejak lama. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, ia masih menunggu keputusan Presiden Joko Widodo mengenai validasi organisasi terkait Komandan Korps Marinir TNI AL akan dijabat perwira tinggi bintang tiga.

"Ini nanti kita harus mendapatkan keputusan Presiden dulu karena hubungannya dengan perubahan organisasi, kita menyebutnya validasi organisasi," ujar Andika di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (21/11/2021).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA