Senin 08 Aug 2022 17:43 WIB

Tiga Penyebab Utama Kanker Pankreas, Penyakit yang Renggut Nyawa Patrick Swayze

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kanker pankreas.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Patrick Swayze dalam dokumentasi foto tahun 2004. Swayze meninggal pada 14 September 2009 akibat kanker pankreas.
Foto: EPA/Jacek Turczyk POLAND OUT
Aktor Patrick Swayze dalam dokumentasi foto tahun 2004. Swayze meninggal pada 14 September 2009 akibat kanker pankreas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejauh ini, tidak ada satu hal pasti yang menjadi penyebab kanker. Begitu pula pada kanker pankreas, penyakit yang diderita aktor Patrick Swayze hingga meninggal pada 14 September 2009.

Penyebab kanker sudah sering dibahas seperti gaya hidup tidak sehat, seperti juga kanker pankreas yang dapat disebabkan karena kebiasaan merokok. Rokok mengandung karsinogen yang dapat meningkatkan risiko kanker pankreas.

Baca Juga

Bukan hanya kanker pankreas, merokok meningkatkan risiko segala bentuk kanker. Pankreas adalah organ yang terletak tepat di atas perut dan membantu dalam proses pencernaan.

Selain melepaskan enzim pencernaan yang membantu pencernaan, pankreas juga membantu mengatur kadar gula darah dengan memproduksi insulin. Kanker di bagian tubuh mana pun sebagian besar dapat disembuhkan ketika masih dalam tahap awal.

Tetapi diagnosis kanker selama tahap awal sangat sulit karena mungkin tidak benar-benar terlihat gejalanya. Selain itu, terkadang mungkin melihat beberapa gejala kecil dan mengabaikannya, karena menganggapnya sebagai sesuatu yang lain.

Ketika mengabaikan gejala awal, sel ganas itu menyebar dari satu bagian tubuh ke beberapa bagian lain. Dilansir Times Now News, Senin (8/8/2022), berikut ini adalah faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker pankreas:

1. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan dan obesitas dapat meningkatkan risiko kanker pankreas. Pastikan untuk selalu makan makanan yang sehat dan juga berolahraga secara teratur. Obesitas bisa menjadi risiko utama untuk risiko pankreas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement