Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Pramono Anung: Pelantikan MenPAN-RB Tunggu Restu Megawati

Senin 08 Aug 2022 15:59 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo

Presiden Jokowi dan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri memberikan keterangan pers di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/11)

Presiden Jokowi dan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri memberikan keterangan pers di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/11)

Foto: Halimatus Sa'diah
Pramono mengeklaim posisi Menpan-RB merupakan alokasi untuk PDIP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengaku, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi sejumlah nama untuk mengisi posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Pramono menyebut, sejumlah nama pengganti almarhum Tjahjo Kumolo pun sudah mengerucut.

Namun, ia enggan menyebut siapa saja sosok yang tengah dipertimbangkan tersebut. Pramono hanya meminta masyarakat agar menunggu pengumuman dari Presiden.

Baca Juga

“Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Tapi nanti akan dibahas Presiden dengan Ibu Mega (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri),” kata Pramono Anung di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Pramono menyebut, penunjukan Menpan-RB ini merupakan keputusan bersama antara Jokowi dengan Megawati. Sebab, jabatan MenPAN-RB sebelumnya juga diisi kader dari PDIP.

“Untuk pengganti Pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama antara Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDIP Perjuangan dari Bu Mega, karena memang yang digantikan itu juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan,” jelasnya.

Pertemuan Jokowi dengan Megawati pun akan segera dilakukan dalam waktu dekat setelah Megawati kembali dari kegiatannya di luar negeri.

“Kemarin bu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra putri ibu Puan, sehingga waktunya mungkin dalam waktu dekat ini akan segera dibahas. Tapi nama-namanya sudah ada,” ujar dia.

Menurut dia, pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum PDIP tersebut merupakan hal yang biasa jika akan dilakukan reshuffle kabinet. Sehingga sebelum diputuskan, Presiden akan terlebih dahulu mendapatkan masukan dari para ketua umum partai.

Saat ditanya kapan pelantikan MenPAN-RB akan dilakukan, Pramono menyebut hal itu tergantung kesepakatan yang ada.

“Ya tergantung kesepakatan yang ada, tapi gak terlalu lama. Mudah-mudahan segera,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko juga sempat memberikan tanggapannya terkait penunjukan MenPAN-RB pengganti almarhum Tjahjo. Moeldoko menyebut pelantikan akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Tunggu saja, sebentar lagi,” kata Moeldoko.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA