Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fadil latief

Sosialisasi Kelompok 4 KKN UPI mengenai Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi, dalam Mendukung SDG'S

Edukasi | Monday, 08 Aug 2022, 11:25 WIB

Mahasiswa kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan sosialisasi terkait Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi di RW 01/Rt 05 Kelurahan GegerKalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung. Kegiatan sosialisasi ini kami selenggarakan atas dasar hasil dari survei yang sudah dilakukan terhadap kondisi air dan sanitas di RW 01/RT 05. Dari hasil survei tersebut dapat kami ketahui bahwa kondisi air di RW 01/RT 05 sudah cukup bersih dan dan dapat dikatakan layak untuk di gunakan oleh masyarakat. Namun, yang menjadi sedikit masalah disini adalah media tempat penyimpanan air yang masih dapat dikatakan kurang layak karena masih banyak terdapat sarana umum seperti MCK atau kamar mandi umum yang masih kotor bahkan beberapa atap kayu sudah lapuk dan rubuh. Dengan demikian, berdasarkan hasil survei tersebut kami akan mengadakan sosialisasi terhadap warga di RW 01/RT 05 tersebut agar masyarakat paham akan pentingnya pengeolaan air bersih dan sanitasi daam kehidupan sehari-hari serta program ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDG's).

Kegiatan sosialisasi sendiri akan kami adakan sebanyak 3 kali dengan sasaran dan indikator yang berbeda-beda. Kegiatan Sosialisasi pertama kami lakukan pada Jumat, 29 Juli 2022 dengan sasaran Satlinmas. Pada sosialisasi terhadap satlinmas tersebut kami menyampaikan topik terkait akses terhadap layanan air minum dan sanitasi layak dan pengelolaan sumber daya air. Kemudian Sosialisasi yang kedua kami lakukan pada Kamis, 4 Agustus 2022 dengan sasaran ibu-ibu kader. Sosialisasi ini membahas topik terkait keluarga dan industri pengguna fasilitas air limbah dan lumpur tinja, kualitas sumber air tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa di seluruh rumah tangga, dan percontohan pengolahan aliran air limbah rumah tangga. Lalu kegiatan sosialisasi yang terakhir kami lakukan pada hari Jumat, 5 Agustus 2022 dengan sasaran remaja masjid. pada sosialisasi tersebut kami memaparkan topik penanaman pohon disekitar aliran dan pengerukan sungai serta danau, air sungai tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa, pengelolaan sumber daya air, manajemen sampah dan kotoran tinja, dan percontohan pengolahan aliran air limbah rumah tangga.

Dari ketiga rangkaian kegiatan sosialisasi tersebut kami berharap semua materi dapat tersampaikan dan dipahami dengan baik oleh masyarakat RW 01/RT 05 sehingga materi-materi tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengelolaaan air bersih dan sanitasi, selain itu juga kami berharap agar materi-materi yang disampaikan dapat diterapkan secara langsung oleh masyarakat di sana.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image