Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Guardiola Kagum Gairah dan Kepercayaan Diri Haaland pada Laga Pembuka City

Senin 08 Aug 2022 08:34 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Penyerang Manchester City Erling Haaland.

Penyerang Manchester City Erling Haaland.

Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
City mengalahkan West Ham 2-0 lewat dua gol Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola menyukai gairah dan mentalitas yang ditunjukkan Erling Braut Haaland pada laga pembuka Liga Primer Inggris 2022/23. City bertandang ke markas West Ham United di London Stadium dalam laga yang berakhir pada Senin (8/8/2022) dini hari WIB. The Citizens membawa pulang tiga angka lewat kemenangan 2-0.

Haaland menjadi bintang dalam partai ini. Semua gol tercatat atas namanya. Namun bukan hanya karena itu Pep terpesona pada sang bomber. Sang arsitek menyukai sikap eks Borussia Dortmund ketika hendak menjadi eksekutor penalti. Meski berstatus anak baru di kamar ganti the Citizens, pria Norwegia tak kelihatan canggung.

Baca Juga

"Anda harus percaya diri, ambisius dan memiliki mentalitas yang baik. Saya menyukainya. Tentu saja dia mencetak gol," kata Guardiola, dikutip dari Daily Star.

Situasi bermula saat Haaland dilanggar di area terlarang. Wasit menunjuk titik putih pada menit ke-36. Sang bomber langsung menjadi eksekutornya.

Ia berhasil memperdaya Alphonse Areola. Bahasa tubuh Haaland menunjukkan pesan penting bahwa ia sosok yang mampu menangani tekanan dengan baik. Apalagi dalam beberapa hari terakhir, ia dihantam kritikan. 

Namun sang penyerang tetap tenang. Menurut Pep, sosok bernomor punggung sembilan itu berlatih dengan baik. Hingga pada hari pertandingan, ia menunjukkan magisnya. 

Momen menuju penalti menjadi salah satu hal yang diperhatikan Guardiola. Seorang pemain muda dan belum lama memperkuat City tak menunjukkan keraguan. Sebelumnya ada beberapa sosok senior di City seperti Kevin de Bruyne, Ilkay Gundogan, atau bahkan Rodri yang bisa menjadi pengambil penalti. Namun Haaland dengan yakin maju sebagai eksekutor. Menurut Guardiola, sikap Haaland menunjukkan ia akan meninju rekan-rekannya yang berusaha mengambil bola itu darinya.  "Saya cukup yakin itu, dan itu pertanda baik," ujar Pep.

Haaland tiba di Man City dengan rekor mentereng di Jerman. Selama membela Dortmund, ia mencetak 86 gol dari 89 pertandingan di berbagai ajang. Kini, ia sudah mencatatkan dua gol dari satu laga di kompetisi resmi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA