Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Pelatih Brighton: Kami Layak Menang dari Manchester United

Senin 08 Aug 2022 00:03 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo, kiri, menendang bola ketika pemain Brighton Adam Webster mencoba menghentikannya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Brighton di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Ahad, 7 Agustus 2022.

Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo, kiri, menendang bola ketika pemain Brighton Adam Webster mencoba menghentikannya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Brighton di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Ahad, 7 Agustus 2022.

Foto: AP/Dave Thompson
Brighton mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1 di Old Trafford.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Brighton and Hove Albion, Graham Potter, menilai The Seagulls layak mendapatkan tiga poin dalam lawatan ke markas Manchester United di laga pada pekan pembuka Liga Primer Inggris musim 2022/2023, Ahad (7/8) malam WIB. 

Penampilan apik pada babak pertama menjadi kunci kemenangan The Seagulls atas United. Dalam rentang waktu kurang dari 10 menit, Brighton mencetak dua gol ke gawang tim tuan rumah. Keunggulan Brighton dibuka lewat torehan Pascal Gross usai memanfaatkan umpan tarik Danny Welbeck pada menit ke-30. 

Baca Juga

Gelandang asal Jerman itu menggandakan keunggulan The Seagulls saat laga memasuki menit ke-39. Gross sukses menyambar bola rebound hasil halauan kiper United, David De Gea. Kiper asal Spanyol itu gagal menangkap dengan sempurna sepakan keras Solly March dari dalam kotak penalti. 

Sempat kebobolan pada menit ke-68, Brighton akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan, 2-1, hingga laga usai. Raihan tiga poin dari Stadion Old Trafford ini menjadi awal terbaik The Seagulls dalam menatap Liga Primer Inggris musim ini. Tidak hanya itu, kemenangan ini juga menorehkan sejarah baru buat peringkat kesembilan Liga Primer Inggris musim lalu tersebut. 

Ini menjadi kemenangan pertama The Seagulls di markas United sejak klub itu berdiri pada 1901. Brighton pun memperpanjang rekor apik pertemuan dengan Setan Merah. Di dua bentrokan terakhir, The Seagulls selalu mampu membungkam United, termasuk dengan kemenangan, 4-0, pada paruh kedua musim lalu. 

''Kami menampilkan permainan yang luar biasa. Kemenangan ini layak kami dapatkan. Ini menjadi cara terbaik mengawali musim,'' tutur Potter seusai laga kepada Sky Sports, Ahad (7/8). 

Pelatih asal Inggris itu mengakui sudah menyiapkan strategi khusus untuk bisa membungkam United di laga ini. Selain menerapkan skema serangan yang sedikit berbeda, para penggawa The Seagulls juga diharapkan bisa terus menerapkan pressing ketat dan memberikan tekanan kepada United. 

Startegi ini berjalan mulus pada babak pertama. Setan Merah terlihat kewalahan menghadapi tekanan dan organisasi permainan The Seagulls. Performa apik pada babak pertama, tutur Potter, menjadi kunci utama keberhasilan The Seagulls membawa pulang tiga angka dari Old Trafford. 

''Saya rasa, kami memiliki ide bagaimana menyerang mereka dan terus menempatkan mereka dalam tekanan. Kami begitu positif, berani, dan para pemain memberikan segalanya. Penampilan kami pada babak kedua begitu kuat,'' kata pelatih berusia 47 tahun tersebut. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA