Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Alasan Ratusan Sopir Truk di Jakarta Nyatakan Dukungan untuk Ganjar

Ahad 07 Aug 2022 22:12 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Ratusan sopir truk menyatakan dukungan untuk Ganjar maju di Pilpres 2024

Ratusan sopir truk menyatakan dukungan untuk Ganjar maju di Pilpres 2024

Foto: Dok Istimewa
Ratusan sopir truk menyatakan dukungan untuk Ganjar maju di Pilpres 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sebanyak 500 sopir truk berkumpul sejak Ahad (7/8/2022) pagi di Jalan Inspeksi Banjir Kanal Timur (BKT), Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. 

Mereka memarkirkan sambil memamerkan truknya yang bergambar wajah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai bentuk dukungan Ganjar Presiden 2024. 

Baca Juga

Dengan penuh niat dan semangat, para sopir melukis wajah Ganjar di bagian belakang truk mereka. Para sopir yang tergabung dalam Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024 tersebut juga mengesahkan dukungannya melalui deklarasi. 

Amin, selaku Koordinator Wilayah Sopir Truk DKI Jakarta mengatakan, selama ini hanya Ganjar dan belum ada lagi figur pemimpin yang serius dalam memperhatikan profesi dan kesejahteraan sopir truk. Amin mengaku, Ganjar adalah sosok yang paling sesuai dengan aspirasi para sopir truk selama ini. 

"Ada perhatian dari tokoh yang memang peduli sama sopir-sopir di jalan. Karena kita di jalan itu sendiri, ngga punya tempat untuk ngadu kalau ada masalah di jalan. Nah Pak Ganjar perhatian sama sopir-sopir ini," kata Amin usai memimpin jalannya deklarasi. 

Lebih lanjut, Amin mengungkapkan, sudah sangat banyak upaya Ganjar dalam memperhatikan para sopir. Antara lain dengan menindak tegas segala bentuk tindakan pungutan liar (pungli) pihak tidak bertanggung jawab yang sangat merugikan para sopir. 

Kemudian, Ganjar juga membuat proses uji pembuatan KIR menjadi lebih mudah. Meskipun lingkup kepemimpinannya hanya di Jawa Tengah, namun, kata Amin, ketegasan Ganjar untuk memperhatikan sopir dirasakan hingga seluruh Indonesia. 

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu Ganjar juga bertemu dengan salah satu komunitas sopir truk terbesar se-Indonesia yang berada di Banyumas. Pada kesempatan itu, Ganjar menyampaikan teerobosan agar dibentuk unit koperasi sopir truk, dengan tujuan agar kesejahteraan sopir truk dan keluarganya bisa terjamin. 

"Soal terobosan koperasi bagi para sopir dari Ganjar, itu kami sangat amat dukung. Karena sopir ini susah untuk mandiri kalau tidak bergantung dari muatan. Akhirnya ada program koperasi dari beliau itu, harapannya sopir-sopir bisa lebih mandiri," ungkap Amin. 

Dengan terbuktinya Ganjar sebagai pemimpin yang mampu menjangkau dan merangkul semua kalangan, khususnya rakyat kecil, Amin menegaskan akan terus mendukung dan mensosialisasikan program Ganjar agar terpilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kita dukung Pak Ganjar karena beliau dermawan dan banyak perhatian ke kita. Itu salah satu alasan kita merespons Pak Ganjar supaya jadi Presiden 2024," tegas Amin. 

Sementara itu, Abdurrahman Sidiq, relawan Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024 menyebutkan, gaya kepemimpinan dan pendekatan Ganjar kepada rakyat sangat manusiawi. Hal itu pun membuat banyak pihak kepincut dengan karisma Ganjar. 

Ketegasan dan langkah konkret yang dilakukan Ganjar dalam menyelesaikam suatu persoalan juga dinilai terbukti berhasil. Dengan demikian, Sidiq berharap Ganjar bisa terpilih menjadi Presiden 2024 agar kesejahteraan sopir truk bisa lebih diperhatikan.

"Dari sini kita bisa sopir-sopir bisa memberikan aspirasi kita kepada pemipin terpilih, wabil khusus Pak Ganjar. Karena gaya pendekatan beliau kepada para sopir sangat manusiawi, kebijakannya juga sangat merakyat," ucap Sidiq.

"Kami para sopir sangat berharap dengan Pak Ganjar Pranowo jadi Presiden 2024, pungli bisa dihapuskan dan juga sopir-sopir aman di jalan dan keselamatannya terjaga," sambung Sidiq. 

Perlu diketahui, pada deklarasi tersebut para sopir truk juga melakukan kegiatan melukis wajah Ganjar bersama hingga melakukan pawai truk mengelilingi kawasan Banjir Kanal Timur.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA