Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Live Liga Primer Inggris: MU Tersungkur pada Laga Perdana Musim Ini di Old Trafford

Ahad 07 Aug 2022 22:01 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Alexis Mac Allister dari Brighton, kiri, mencetak gol bunuh diri selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Brighton di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Ahad, 7 Agustus 2022.

Alexis Mac Allister dari Brighton, kiri, mencetak gol bunuh diri selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Brighton di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Ahad, 7 Agustus 2022.

Foto: AP/Dave Thompson
MU takluk dari Brighton 1-2 pada laga pertama mereka di Liga Primer Inggris 2022/23.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) dipaksa menelan kekalahan pada laga perdananya Liga Primer Inggris musim ini. Menerima lawatan Brighton and Hove Albion di Stadion Old Trafford, United menyerah 1-2 dari The Seagulls, Ahad (7/8/2022) dini hari WIB.

Kehadiran pelatih baru Erik ten Hag, ditambah sejumlah pemain anyar, ternyata belum bisa mengangkat performa MU yang finis di peringkat keenam musim lalu. Sedangkan buat tim tamu, ini merupakan kemenangan perdana di Stadion Old Trafford.

Baca Juga

Penampilan tim tuan rumah terlihat belum meyakinkan pada awal babak pertama. Perubahan yang dilakukan Erik ten Hag, terutama dalam posisi bermain sejumlah penggawa di lini serang, belum menunjukan hasil positif. Marcus Rashford, Christian Eriksen, Bruno Fernandes, dan Jadon Sancho, masih kesulitan untuk menemukan ritme permain yang diharapkan.

Setidaknya hingga laga memasuki menit ke-20, United hanya mencatatkan satu peluang, tepatnya lewat upaya Fernandes. Namun, bola sepakan gelandang serang asal Portugal itu masih melambung di atas mistar gawang.

Performa lini belakang tim besutan Erik ten Hag itu juga tidak jauh berbeda. Brighton sempat mendapatkan dua peluang setelah memanfaatkan kesalahan dari Diogo Dalot dan Fred. Beruntung buat Setan Merah, The Seagulls gagal memanfaatkan dua peluang tersebut.

Kendati begitu, dibanding MU, performa tim besutan Graham Potter itu terbilang jauh lebih tenang dan disiplin. Selain itu, organisasi permainan peringkat kesembilan Liga Primer Inggris musim lalu itu juga cukup rapi. Hasilnya, pada menit ke-30, tim tamu mampu merobek gawang MU.

Danny Welbeck, yang menerima umpan terobosan di sebelah kiri kotak penalti Setan Merah, sukses melepaskan umpan tarik tanpa bisa dihalau barisan penggawa United. Pascal Gross, yang berada di sisi kanan kotak penalti, dengan leluasa menyambar bola dan mengarahkan ke gawang MU.

Sembilan menit kemudian, Gross kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, gelandang asal Jerman itu memanfaatkan bola rebound hasil halauan kiper MU David de Gea. Kiper asal Spanyol itu gagal menangkap dengan sempurna sepakan Solly March dari dalam kotak penalti.

Serangan yang dibangun The Seagulls usai memantahkan serangan MU di sebelah kanan pertahanan itu terbukti berjalan dengan efektif. Keunggulan dua gol The Seagulls atas United bertahan hingga babak pertama usai.

Pada awal babak kedua, performa United tidak banyak berubah. Ten Hag merespons dengan memasukan Cristiano Ronaldo. Bintang asal Portugal itu menggantikan Fred pada menit ke-53. Kehadiran pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu membuat serangan United lebih hidup dan terlihat lebih mengancam gawang The Seagulls, termasuk saat Rashford mendapatkan peluang usai menerima umpan Ronaldo, tapi tak bisa dimaksimalkan menjadi gol.

Tim tuan rumah akhirnya mampu memangkas selisih gol pada menit ke-68. Alexis Mac Alister melakukan gol bunuh diri saat berusaha menghalau bola yang bergerak masuk ke gawang. Gol ini sempat mendapat protes dari para pemain The Seagulls , terutama penjaga gawang Robert Sanchez. 

Penjaga gawang Spanyol itu merasa dilanggar oleh Dalot saat berusaha menghalau bola hasil sepak pojok United. Setelah melakukan review VAR, wasit tetap mengesahkan gol buat tim tuan rumah. Ini sekaligus menjadi gol pertama United pada musim ini.

Setan Merah terus berupaya untuk bisa menambah torehan gol seraya memperbesar peluang untuk bisa berbalik unggul. Namun, upaya tersebut masih terbentur penampilan solid dan disiplin sektor pertahanan The Seagulls.

Penampilan buruk Jadon Sancho membuat serangan yang dibangun MU dari sektor kanan terbuang percuma. Sancho kerap salah mengambil keputusan.

Meski dengan tambahan lima menit injury time, United gagal menambah gol dan harus mengakui keunggulan tim tamu, 1-2. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA