Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Relawan Baralangga Deklarasi Dukung Airlangga Capres 2024

Ahad 07 Aug 2022 21:05 WIB

Red: Agus raharjo

Barisan Relawan Airlangga Hartarto (Baralangga) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (Capres) 2024, Ahas (7/8/2022).

Barisan Relawan Airlangga Hartarto (Baralangga) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (Capres) 2024, Ahas (7/8/2022).

Foto: Istimewa
Airlangga dinilai tipe pemimpin pekerja keras, jauh dari pencitraan dan gimik politis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Sejumlah komunitas lintas profesi yang menamakan diri Barisan Relawan Airlangga Hartarto (Baralangga) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (Capres) 2024. Ketua Umum Baralangga Nurul Hakim menuturkan, ia dan sejumlah rekan lintas profesi menilai Airlangga merupakan sosok paling tepat untuk meneruskan kepemimpinan Presiden Joko Widodo pada 2024 mendatang.

Ia mengaku, mereka yang tergabung dalam Baralangga sudah melihat dan menyelidiki rekam jejak Airlangga. Baik di dunia politik sebagai Ketum Golkar, maupun kinerja di Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Baca Juga

"Airlangga tipe pemimpin pekerja keras dan pantas meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi. Terbukti sebagai Menko Perekonomian, Airlangga berhasil menjaga fundamental ekonomi Indonesia," ujar Nurul Hakim dalam keterangan, Ahad (7/8/2022).

Nurul menambahkan, seluruh masyarakat sudah melihat sendiri bukti moncernya kinerja bidang perekonomian Pemerintahan Jokowi. Menurut Nurul, di bawah komando Airlangga, kinerja sektor perekonomian terus menunjukkan kabar menggembirakan yang patut diacungi jempol. Sebab, data Badan Pusat Statistik (BPS) juga sudah mencatat pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44 persen pada kuartal II tahun 2022.

Pertumbuhan ekonomi nasional ini bahkan terbilang luar biasa karena sebagian besar negara-negara di dunia justru tertekan tingkat pertumbuhan ekonominya. Di bawah kepemimpinan Menko Perekonomian Airlangga, Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih bagus dari dua negara maju di dunia, Amerika Serikat dan Cina. 

Menurut Nurul, momentum ini harus dijaga untuk melanjutkan peta jalan Indonesia yang maju dan besar melalui sektor perekonomian. Sosok presiden 2024 hingga 2029 dinilai paling ideal untuk dipegang sosok yang mumpuni dan ahli ekonomi. "Sebab, tantangan ekonomi dampak pendemi Covid-19 dan krisis global akibat perang Rusia-Ukraina ini kan luar biasa,'' katanya.

Selain itu, kata Nurul, sosok Ketum Partai Golkar ini berbeda dengan nama-nama kandidat capres lainnya. Menurut Nurul, Airlangga bukan tipe pemimpin yang one man show, jauh dari pencitraan dan gimik politis. “Airlangga itu tipe pemimpin sedikit bicara, tapi banyak bekerja," tegas Nurul.

Nurul menegaskan, Baralangga yang beranggotakan lintas profesi ini bertekad memenangkan Airlangga di Pemilu 2024. Ia juga memastikan, setelah deklarasi secara nasional di Jakarta, pihaknya bakal bergerilya ke seluruh Indonesia untuk menjaring relawan kemenangan Airlangga dalam wadah Baralangga.

Nurul mengaku, saat ini sudah dibentuk Korwil Baralangga di seluruh Jabodetabek. Selanjutnya, akan menyusul di 34 provinsi di Indonesia. "Selanjutnya, Korwil Baralangga di Jawa dan Bali akan menyusul deklarasi. Berbagai komunitas sudah bergabung untuk kerja bersama melakukan sosialisasi sosok dan kinerja Airlangga," tegas Nurul.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA