Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Makan Telur Bisa Jadi tidak Sehat Jika Disantap dengan Cara Seperti Ini

Ahad 07 Aug 2022 15:13 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Makan telur bisa menjadi tidak sehat jika dikonsumsi dengan cara seperti ini. (ilustrasi)

Makan telur bisa menjadi tidak sehat jika dikonsumsi dengan cara seperti ini. (ilustrasi)

Foto: www.freepik.com
Anda harus berhati-hati dengan apa yang dikonsumsi bersamaan dengan telur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi, entah itu diolah dengan cara diurak-arik, direbus, bahkan digoreng. Telur memberikan banyak manfaat kesehatan karena merupakan sumber protein yang baik dan dapat membantu mengatasi peradangan, kesehatan tulang, dan kesehatan otak.

"Telur adalah pembangkit tenaga dalam hal nutrisi," kata penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook, The 7 Ingredient Healthy Pregnancy Cookbook, dan Fueling Male Fertility, Lauren Manaker, seperti dikutip dari laman Eat This Not That, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga

Manaker mengatakan, tidak ada yang membantah bahwa mengonsumsi telur bisa menjadi bagian dari diet yang sehat dan seimbang. Hal itu tak lepas dari protein berkualitas tinggi yang mereka berikan hingga banyak vitamin B yang terkadung di dalamnya.

Meski begitu, Anda harus berhati-hati dengan apa yang dikonsumsi bersamaan dengan telur. Telur itu sehat, namun bukan berarti Anda bisa "memasukkan" banyak bahan makanan yang tidak sehat ke dalamnya. "Makanan natrium dan ketidaksehatan bahan lain dapat mengalahkan kesehatan telur," ujarnya.

Mengapa makan telur dengan makanan olahan membuatnya tidak sehat? Manaker menyebut, jika Anda memesan telur di restoran, banyak dari mereka menyajikannya dengan tambahan lain, misalnya daging asin seperti bacon dan sosis, serta kentang asin seperti kentang goreng. Telur itu sendiri adalah tambahan yang bagus untuk diet sehat. Namun secara keseluruhan, hidangan ini bisa sangat tinggi lemak jenuh, natrium, dan nutrisi buruk lainnya.

Makan daging sarapan seperti bacon dan sosis bisa mengandung banyak lemak dan sodium. Satu strip bacon adalah 115 miligram, menambahkan hingga lima persen dari nilai harian Anda. Meskipun tampak kecil pada awalnya, restoran biasanya memberikan dua hingga tiga (bahkan mungkin lebih) irisan daging asap. Ini bisa menambah banyak natrium dalam satu kali makan.

Satu tautan sosis sama dengan sekitar 790 miligram natrium, yang merupakan 34 persen dari nilai harian Anda. Dalam hal jumlah lemak yang dikonsumsi, satu strip bacon mengandung sekitar 12,6 gram lemak jenuh, yang merupakan lebih dari setengah asupan harian. Bagaimana memastikan Anda akan menuai manfaat dari telur?

Faktanya adalah, selama Anda memperhatikan apa yang Anda letakkan di piring, Anda akan menikmati manfaat yang diberikan telur secara keseluruhan. Anda tidak harus makan telur sendirian. Jika Anda menginginkan sepiring penuh, pastikan Anda menambahkan makanan lain yang memberikan nutrisi.

"Saat menikmati telur, pastikan untuk memakannya bersama dengan makanan lain yang baik untuk Anda dan padat nutrisi seperti alpukat, roti gandum, dan sayuran," kata Manager.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA