Ahad 07 Aug 2022 11:27 WIB

Cara Membuat Windows 10 dan 11 Terlihat Seperti Windows 7

Meski Windows 10 dan 11 memiliki tampilan menarik, yang klasik masih tetap diminati.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Tampilan Windows 7
Foto: Softpedia
Tampilan Windows 7

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sementara beberapa orang merasa Windows 10 dan 11 memiliki tampilan yang menarik, masih ada orang yang menyukai tampilan Windows 7 yang lebih klasik. Kabar baiknya adalah Windows 10 dan 11 sangat dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat merancang desainnya agar terlihat hampir sama dengan Windows 7.

Dilansir dari Digital Trends, Ahad (7/8/2022), dengan beberapa penyesuaian pada elemen seperti wallpaper, skema warna, dan browser default, Anda akan kembali ke tampilan dan nuansa Windows 7 dalam waktu singkat. 

Baca Juga

Ubah menu Start di Windows 10

Langkah 1: Unduhan yang disebut Classic Shell pernah memungkinkan Anda untuk mengubah aspek menu utama agar lebih mirip Windows 7. Sayangnya, dukungan untuk Classic Shell berakhir pada 2017, tetapi kode tersebut diambil dan dilanjutkan dengan Open Shell.

Dengan alat gratis ini, Anda dapat memodifikasi menu Start Windows 10 agar menyerupai versi yang disertakan dengan Windows 7. Setelah di-instal, Anda akan melihat enam entri pada menu Start Anda yang terdaftar di bawah Classic Shell. Di sini, Anda akan ingin memilih pengaturan menu Classic Start.

Langkah 2: Pada tab gaya menu Start, pilih gaya Windows 7.

Langkah 3: Selanjutnya, menuju ke sini untuk mengunduh orb Windows 7 Start Menu (ini adalah file gambar, sehingga Anda dapat mengambilnya dari berbagai tempat jika Anda mau). Setelah diunduh, pilih custom di dekat bagian bawah tab gaya menu Start dan pilih gambar yang diunduh. Anda mungkin perlu mengubah ukuran tombol disesuaikan dengan resolusi desktop.

Langkah 4: Pada tab Skin, pilih Windows aero. Pilih OK untuk menyelesaikan.

Langkah 5: Jika Anda tidak terlalu peduli dengan opsi gaya lainnya, tetapi Anda benar-benar kehilangan opsi untuk membuat taskbar transparan saat Anda bekerja, maka Digital Trends sarankan untuk mengunduh TranslucentTB sebagai gantinya. Ini akan memberi Anda transparansi yang manis tanpa mengubah apa pun.

Ubah wallpaper di Windows 10

Langkah 1: Untuk menginstal wallpaper Windows 7, unduh gambarnya.

Langkah 2: Klik kanan pada desktop Windows 10 dan pilih Personalize.

Langkah 3: Aplikasi Settings kemudian akan muncul, defaulting ke panel Background. Pastikan Background drop-down menu membaca Picture dan kemudian pilih tombol Browse untuk menemukan wallpaper yang Anda unduh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement