Ahad 07 Aug 2022 10:28 WIB

Bisnis Frozen Food Indonesia Makin Berkembang, Ini Ambisi Startup SumberGizi.com

SumberGizi.com merupakan startup yang menempatkan diri sebagai aggregator untuk memudahkan masyarakat konsumsi frozen food.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Startup SumberGizi.com. (SumberGizi.com)
Startup SumberGizi.com. (SumberGizi.com)

Di tengah bisnis frozen food yang makin berkembang di tengah pandemi, SumberGizi.com hadir menjadi startup yang membantu konsumen frozen food mendapatkan supply terbaik sekaligus membantu produsen frozen food memproduksi & memasarkan produk mereka. Nilai pasar bisnis frozen food mencapai Rp90 triliun pada 2021 dan diprediksi akan melesat hingga Rp200 triliun pada 2025.

CEO SumberGizi.com, Yuari Trantono, mengatakan bahwa startup miliknya menempatkan diri sebagai aggregator yang memudahkan masyarakat mendapatkan beragam jenis frozen food dengan harga kompetitif yang berasal dari puluhan produsen daging & frozen food yang ada di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, SumberGizi.com juga membantu UMKM dan industri frozen food mendapatkan bahan baku untuk produksi olahan makanan mereka.

Baca Juga: KemenKopUKM Gelar Bootcamp Inkubasi Usaha untuk Tingkatkan Kapasitas Startup di 7 Kota

Dengan pengalaman lebih dari 8 tahun di dunia industri frozen food, SumberGizi.com telah memiliki puluhan mitra supplier produk frozen food dan ratusan reseller. Di tahun 2021 saja, SumberGizi.com mencatat volume penjualan hingga 2.500 ton dengan nilai transaksi telah menembus angka ratusan miliar rupiah.

"Ini adalah pencapaian bagus yang membuat SumberGizi.com tetap bertumbuh di masa pandemi Covid-19 tanpa bakar uang dan pengurangan karyawan," ujar Yuari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dikutip Sabtu (6/8/2022).

Startup milik alumni Peternakan UGM ini berambisi membantu industri frozen food Indonesia makin maju hingga memimpin pasar frozen food di ASEAN. Ini adalah pekerjaan besar yang membutuhkan kolaborasi dari berbagai sektor mulai dari pemerintah, produsen, supply bahan baku, lembaga riset, permodalan, masyarakat, hingga aggregator agar kualitas, kuantitas, dan pelayanan dalam industri cold chain ini makin kompetitif.

Apalagi, jelas Yuari, Indonesia memiliki banyak jenis makanan lokal yang bisa dikembangkan menjadi produk frozen food.

Baca Juga: East Venture Jakarta Beri Kucuran Dana ke Startup Mantan Eksekutif Grab

Terkait rencana hingga tahun 2024, Yuari Trantono menargetkan peningkatan nilai transaksi, jumlah mitra, reseller, termasuk memiliki setidaknya 30 dark store di berbagai kota.

"SumberGizi.com akan terus meningkatakn layanan digital dan kemitraan agar dapat membantu lebih banyak produsen frozen food meningkatkan kualitas dan kuantitas serta layanan produk mereka yang pada akhirnya membuat masyarakat lebih bergairah mengonsumsi aneka frozen food," tutupnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement