Sabtu 06 Aug 2022 17:46 WIB

11 Petenis Indonesia Tampil di AMMAN International Tennis Championships 2022

Ini merupakan turnamen tenis internasional pertama di tanah air sejak 2019.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar  (kiri) dan Head of Corporate Communications AMMAN, Kartika Octaviana (kanan) saat jumpa pers Turnamen Tennis AMMAN International Tennis Championships 2022, Sabtu (6/8/2022) di Hotel Sultan Jakarta.
Foto: dok. Pelti
Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar (kiri) dan Head of Corporate Communications AMMAN, Kartika Octaviana (kanan) saat jumpa pers Turnamen Tennis AMMAN International Tennis Championships 2022, Sabtu (6/8/2022) di Hotel Sultan Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 11 petenis Indonesia akan tampil di ajang AMMAN International Tennis Championship 2022. Meskipun secara peringkat internasional para pemain kita belum memenuhi persyaratan tampil. Sebagai tuan rumah memiliki jatah wild card.

Dari 11 petenis empat langsung tampil di babak utama babak 32 besar yakni, Nathan Anthony Barki, Muhammad Rifqi Fitriadi, Achad Imam Ma'ruf dan Rifqy Sukma Ramadhan. 

Baca Juga

Sedangkan tujuh pemain yang bermain di babak kualifikasi dengan drawing 48 adalah Renaldi Aqila Arifadli, Faried Widyarohmadhiansyah, Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan, Aditya Harry Sasongko, Moh. Gunawan Trismuwantara, Lucky Chandra Kurniawan dan Ignatius Anthony Susanto.

Turnamen ini digelar secara back to back 8-14 Agustus 2022 dan 15-21 Agustus 2022. Merujuk situs kompetisi ITF per Sabtu (7/8/2022), Sasikumar Mukund (India) yang berperingkat singles ke-441 dunia akan menjadi unggulan teratas AMMAN International Tennis Championships seri pertama. Adapun peserta datang dari 18 negara, yakni Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, Filipina, Hongkong, China, Jepang, Korea, India, Australia, Selandia Baru, Belanda, Rusia dan Perancis serta Afrika Selatan.

Ini merupakan turnamen tenis internasional pertama di tanah air. Setelah terakhir kali tahun 2019 lalu.Turnamen bertajuk AMMAN International Tennis Championships didukung secara penuh oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), serta akan berlangsung di lapangan The Sultan Hotel & Residence Jakarta. Kejuaraan yang masuk kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) Mens World Tennis Tour.

"Terima kasih PT Amman Mineral Nusa Tenggara yang telah bersedia menjadi sponsor turnamen ITF profesional putra pertama di Indonesia sejak adanya pandemi. PP Pelti sangat memerlukan adanya kejuaraan seperti ini di Indonesia," ucap Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar di Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

"Semoga pemain kita yang tampil nantinya dapat memanfaatkan ajang ini dengan baik dan untuk pengalaman mereka. Di ajang ini mental mereka diuji, karena lawan yang dihadapi adalah petenis luar negeri." 

AMMAN International Tennis Championships menyediakan total hadiah 15 ribu AS atau sekitar Rp 225 juta tiap seri. Ajang ini merupakan turnamen entry level profesional yang akan sangat bermanfaat bagi petenis tuan rumah untuk mengais poin peringkat internasional.

Head of Corporate Communications AMMAN, Kartika Octaviana, menyatakan bahwa dukungan AMMAN ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya atlet-atlet baru yang dapat meraih prestasi dan mengharumkan nama Indonesia. 

“Sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia, AMMAN terus berupaya untuk mendukung berbagai program yang dapat memajukan Indonesia, salah satunya dalam bidang olahraga tenis. Dengan adanya turnamen berskala internasional ini, diharapkan tenis di Indonesia kembali bergairah. Ini adalah salah satu cara kami untuk menciptakan warisan terbaik bagi Indonesia,” kata Kartika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement