Sabtu 06 Aug 2022 12:05 WIB

Ini Cara Kerja Fitur Messages Baru iOS 16

Di antara fitur itu adalah edit pesan yang tidak sengaja terkirim.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Fitur-fitur baru di iOS 16.
Foto: apple
Fitur-fitur baru di iOS 16.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple mengatakan ada sejumlah fitur baru yang terdapat di iOS 16. Fitur tersebut pernah diungkapkan secara umum di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) Juni lalu.

Di antara fitur itu adalah edit pesan, opsi penyesuaian layar kunci baru, Apple Pay Later, dan SharePlay yang ditambah ke Messages. 

Baca Juga

Berikut cara kerja fitur Messages baru, dikutip CNet, Sabtu (6/8/2022).

Edit pesan yang sudah Anda kirim

Jika Anda menggunakan alat perpesanan seperti Slack, kemungkinan Anda telah mengedit setidaknya satu atau 100 pesan yang telah Anda kirim. 

Fitur pengeditan adalah cara yang bagus untuk melakukan koreksi dengan cepat. Dengan iOS 16, Anda juga dapat mengedit pesan yang dikirim dari iPhone dalam waktu 15 menit setelah pengiriman.

Untuk mengedit pesan teks, Anda harus meluncurkan Messages dan masuk ke utas apa pun yang menggunakan iMessage, yang mungkin Anda kenal sebagai teks biru. Fitur ini tidak akan berfungsi dengan pesan teks SMS atau teks hijau.

Kemudian tekan dan tahan jari Anda pada pesan yang ingin Anda edit. Ini akan memunculkan reaksi Tapback dan menu tindakan cepat. Lalu terakhir, ketuk Edit.

Teks dapat langsung Anda diedit. Anda dapat menghapus seluruh pesan, memperbaiki kesalahan, atau menambahkan lebih banyak teks ke dalamnya. Setelah selesai, tekan tombol tanda centang biru di sisi kanan untuk menyimpan hasil edit Anda. Anda hanya dapat mengedit satu pesan hingga lima kali.

Segera ingat pesan yang tidak sengaja terkirim     

Pesan yang tidak disengaja dikirim sering terjadi. Mungkin Anda mengetuk tombol kirim saat Anda bermaksud memilih emoji. Atau mungkin Anda mengirim pesan ke orang yang salah sepenuhnya. Dalam kedua kasus tersebut, Anda dapat membatalkan pesan tersebut dengan iOS 16.

Untuk membatalkannya, pertama luncurkan aplikasi Messages, tekan dan tahan pesan (hanya teks biru) yang ingin Anda batalkan pengirimannya, lalu ketuk Undo Send. Teks akan hilang dari utas Anda dan penerima.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement