Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Membekukan Ayam yang Sudah Dimasak tak Bisa Sembarangan, Ini Tipsnya

Sabtu 06 Aug 2022 08:24 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Membekukan ayam yang sudah dimasak bisa menghemat uang dan limbah makanan.

Membekukan ayam yang sudah dimasak bisa menghemat uang dan limbah makanan.

Foto: www.freepik.com.
Membekukan ayam yang sudah dimasak bisa menghemat uang dan limbah makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat memanggang ayam utuh dan baru disantap setengahnya, tentu seseorang berharap dapat menghabiskan sisanya untuk makan siang atau makan malam sepanjang pekan. Cara terbaik untuk memungkinkannya adalah membekukan ayam yang dimasak.

Menurut FavoriteFreezerFoods, ada beberapa keuntungan membekukan ayam yang dimasak. Manfaat terbesar adalah menghemat uang dan mengurangi jumlah limbah makanan, serta menghemat waktu dengan menggunakannya dalam makan malam di hari kerja.  

Baca Juga

Namun, sebelum membekukan protein yang sudah mengalami pemrosesan, perlu dipastikan bahwa Anda mengambil beberapa langkah persiapan yang perlu. Untuk membekukan ayam yang dimasak, pertama-tama buang kulit, lemak, dan tulangnya, lalu suwir atau potong sesuai ukuran yang diinginkan menggunakan pisau atau gunting dapur. 

Eating Well membagikan langkah selanjutnya yalni melakukan flash-freeze alias pembekuan kilat terhadap ayam terlebih dahulu. Caranya, dengan meletakkan ayam suwir di atas loyang berlapis perkamen yang akan masuk ke dalam freezer selama satu jam.  

Ini berguna karena, seperti yang dicatat oleh Better Homes & Gardens, pembekuan kilat membuat masing-masing makanan tidak menyatu selama pembekuan. Setelah satu jam, keluarkan ayam dari loyang dan masukkan ke dalam kantong plastik freezer atau wadah kedap udara, lalu masukkan kembali ke dalam freezer sampai Anda siap untuk memakannya.

Untuk menyantap ayam beku, yang perlu Anda lakukan adalah mencairkannya sebelum menambahkannya ke makanan seperti sup dan casserole. Atau Anda bisa melakukan sesuatu yang berbeda, seperti mengolahnya lagi menjadi pizza atau pasta ayam dan artichoke.  

Jadi, lain kali Anda memiliki sisa ayam, cobalah memasukkannya ke dalam freezer untuk memperpanjang masa santapnya. Ini juga menghemat banyak waktu dan tak perlu memasak lagi untuk menu makan malam, dikutip dari laman Tasting Table, Sabtu (6/8/2022).

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA