Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Kisah Sukses Kang Han Na, Aktris Cantik yang Bintangi Drama Start-Up

Sabtu 06 Aug 2022 07:00 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Foto: Cermati
Awalnya Kang Han Na ingin menjadi ballerina. Namun, nyatanya, dunia peranlah yang membuatnya bersinar. Ketahui kisah sukses Kang Han Na yang pindah jalur ini.

Aktris cantik berlesung pipit asal Korea Selatan, Kang Han Na, kian populer dengan karirnya yang mengglobal dan bersinar. Wanita kelahiran Jungnang Gu, Seoul, 30 Januari 1989 ini makin berjaya setelah membintangi sejumlah film dan drama series di televisi. Bahkan nama Kang Han Na masuk ke dalam daftar aktris drama dan film yang paling tenar, sukses dan kaya raya.

Tak hanya pernah membintangi Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo di tahun 2016, ia juga telah melakoni Rain or Shine di tahun 2017 serta Familiar Wife pada 2018 lalu. Aktingnya dalam drama Just in Love (2017), My Mom hingga Miss Korea mendapat banyak apresiasi. 

Pemeran Wong In Jae dalam drama Start-Up ini lantas dinominasikan dalam SBS Drama Awards 2016, Baeksang Arts Awards 2017 hingga SBS Entertainment Awards 2018. Di akhir tahun 2020 saja, harta kekayaan aktris yang pernah diisukan berhubungan spesial dengan aktor China, Darren Wang, ini telah menembus angka 5 – 6 juta Dollar AS (Rp 70,6 – 84,8 miliar).

Baca juga: Bersinar di Pentas Teater, Begini Perjalanan Karir Aktor Start-Up Kim Seon-Ho

Dari Ballerina ke Seni Peran

Tak banyak yang mengetahui jika Kang Han Na dulunya bercita-cita menjadi seorang penari balet. Putri bungsu dengan dua orang kakak perempuan ini dulunya pernah bermimpi untuk menjadi seorang ballerina profesional kelas dunia.

Sayangnya, impian tersebut harus kandas ketika Han Na memasuki usia sekolah menengah. Hambatan terbesarnya ketika itu ialah tubuhnya yang tak dapat bergerak dengan fleksibel. Keterbatasan fisik tersebut lantas membuatnya harus mengambil keputusan berat dalam hidupnya.

Menyadari kapasitasnya, Kang Han Na pun mau tak mau harus rela melepaskan impiannya. Selanjutnya, ia beralih untuk menekuni seni peran. Dengan tekad yang bulat, Kang berniat untuk menekuni cita-cita di dunia akting dengan serius.

Mempelajari Dunia Akting Secara Mendalam

Ia pun lantas memilih menuntut ilmu di Universitas Chung An dan mengambil jurusan Teater. Selama kuliah, Kang Han Na selalu menaruh perhatian pada detail akting dan menuliskan semua teknik dalam jurnal pribadinya.

Tak tanggung-tanggung, Kang Han Na pun kerap menganalisa berbagai faktor penting yang berpengaruh untuk kemampuan aktingnya. Mulai peran dan karakter yang beragam, hingga bahkan suasana hatinya sendiri serta berbagai masukan dan saran yang ia dapatkan. Berkat kejeliannya ini, Kang pun berhasil mendapatkan pemahaman mendalam terkait peran dan karakter seperti apa yang paling sesuai untuk dilakoninya.

Bersinar dengan Karir yang Gemilang

Debut Kang Han Na dimulai dengan film pendek Last Homecoming pada tahun 2009 silam. Ia saat itu berperan sebagai Seon Young. Di waktu yang hampir bersamaan, ia juga bermain untuk film pendek lainnya yang berjudul King of Guitar. Ketika itu ia berperan sebagai Young Jin. 

Kang Han Na juga pernah bermain untuk short movie bertajuk Coming Out (2011). Kemudian di tahun 2013, Kang yang tinggi badannya mencapai 168 cm ini membintangi Commitment, Fasten Your Seatbelt dan Friend: The Great Legacy.

Di tahun 2014, Kang Han Na kembali hadir dalam film No Tears for the Dead. Setahun kemudian, kesuksesannya kian besar hingga ia pun tampil dalam film pendek Stand serta Informality. Di tahun yang sama, aktris dengan golongan darah O ini juga bermain untuk film Empire of Lust yang kian melambungkan namanya. 

Bintangi Beragam Drama Televisi

Tak hanya sukses bintangi film layar lebar. Nama Kang Han Na makin dikenal luas oleh publik setelah kiprahnya dalam berbagai drama TV. 

Terlebih setelah ia kemudian bermain untuk drama TV bertajuk Miss Korea (2013-2014). Dalam drama series tersebut, Kang Han Na yang kini bersahabat dekat dengan penyanyi Iu ini berperan sebagai tokoh bernama Im Seon Joo.

Aktingnya yang apik kian diapresiasi setelah penampilan ciamiknya dalam drama To Be Continued (2015). Selain itu, Han Na juga bermain dalam My Mom (2015-2016), yang disusul dengan Mirror of the Witch dan Moon Lovers: Scarlet Heart (2016).

Memasuki 2017, Kang Han Na lantas melakoni Rain or Shine serta Candle in the Tomb: Mu Ye Gui Shi. Selanjutnya ia pun pernah bermain dalam Familiar Wife (2018) dan tak ketinggalan Designated Survivor: 60 Days dan Drama Stage – Woman with a Bleeding Ear di tahun 2019.

Totalitas Memerankan Karakternya

Hingga akhirnya di tahun 2020 lalu, Han Na yang gemar merangkai bunga serta pilates ini sukses bermain dalam Start-Up. Dalam drama yang menjadi viral tersebut, ia memerankan tokoh Won In Jae—sosok mandiri dengan etos kerja yang menginspirasi. 

Totalitas dalam berkarir, ia pun rela memotong rambutnya yang indah dan panjang hingga sebahu. Hal tersebut dilakukannya demi penyesuaian visual guna memenuhi tuntutan skenario dalam drama tersebut.

Aktif di Radio dan Berbagai Variety Shows

Tak hanya berjaya di layar lebar dan televisi. Kang Han Na juga mengisi acara radio berjudul Kang Han-na’s Volume Up di saluran KBS Cool FM sejak tahun lalu. 

Selain itu, ia juga pernah tampil dalam acara TV berjudul In Search of Lost Time di MBC pada tahun 2019. Di tahun yang sama, Han Na pun hadir dalam Hon-Life: Satisfaction Project yang ditayangkan oleh JTBC. 

Adapun di tahun 2020, Kang Han Na muncul dalam acara lainnya yakni Shall We Write Love? The Romance dalam JTBC.

Masuk Nominasi Penghargaan Bergengsi

Meski pun belum bisa membawa pulang piala penghargaan, namun nama Kang Han Na sudah berhasil masuk nominasi beragam ajang bergengsi. Di tahun 2016, ia menjadi nominator "Excellence Award (Aktris dalam Drama Fantasi)" dari SBS Drama Awards.

Kemudian di tahun berikutnya, Kang yang lulus dari Universitas Chung-Ang jurusan Teater ini kembali menjadi nominator "Best New Actress (TV)" dari Baeksang Arts Awards 2017. Belakangan, nama Kang Han Na kembali masuk nominasi "Best Challenge Award" dalam SBS Entertainment Awards di tahun 2018.

Baca juga: Fakta dan Profil Chae Soo Bin, Aktris Cantik dan Berbakat Korea Selatan yang Menginspirasi

Sadari Kapasitas Diri Agar Cepat Sukses

Kini Kang Han Na berhasil menempatkan dirinya sebagai salah satu aktris papan atas yang kian jadi sorotan. Namun, semua itu tentu tak didapatkannya dengan serta merta dan mudah. Ada proses yang memakan waktu sedari remaja, apalagi jika mengingat dirinya pun pernah kecewa lantaran harus mengubur cita-citanya untuk menjadi ballerina.

Namun, berkat ketekunan dan komitmen seriusnya dalam menjajal dunia akting dan seni peran, kini Kang berhasil meraup popularitas. Namanya pun kerap diperhitungkan mengingat skill akting keren serta visualnya yang menawan.

Jika sebuah pintu terus tertutup, temukan pintu lain karena besar kemungkinan pintu yang tertutup itu bukan untukmu. Seperti kisah inspiratif dari karir Kang Han Na, menyadari kapasitas diri dengan segera dan melakukan berbagai penyesuaian yang diperlukan dapat membawa seseorang untuk meraih sukses yang pantas ia dapatkan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA