Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Cara Efektif Turunkan Kolesterol yang Didukung Sains

Sabtu 06 Aug 2022 06:33 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Banyak cara menurunkan kolesterol tetapi tidak semuanya efektif.

Banyak cara menurunkan kolesterol tetapi tidak semuanya efektif.

Foto: Foto : MgRol112
Banyak cara menurunkan kolesterol tetapi tidak semuanya efektif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius termasuk penyakit jantung dan stroke. Namun, dengan perubahan gaya hidup dapat membantu membuat perbedaan.

"Hati Anda menghasilkan kolesterol. Faktanya, ia benar-benar menghasilkan semua kolesterol yang Anda butuhkan. Bagian yang sulit adalah bahwa pola makan dan kebiasaan gaya hidup kita juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol kita," ujar profesor kedokteran klinis dan direktur medis dari Houston Methodist Primary Care Group Same Day Clinics, Dr Joshua Septimus seperti dilansir dari laman EatThis, Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga

Menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan beberapa cara, akan tetapi tidak semuanya bisa efektif. Berikut adalah lima cara efektif yang didukung sains untuk menurunkan kolesterol.

 

Kenali kolesterol

Kolesterol melakukan fungsi vital dalam tubuh manusia, tetapi tidak semua kolesterol diciptakan sama. "HDL, H untuk bahagia, itu kolesterol baik, itu beredar di sekitar tubuh Anda dan itu seperti penyedot debu," ujar ahli jantung Leslie Cho, MD.

HDL menyedot kolesterol dari pembuluh darah. Sekarang, beberapa orang memiliki sesuatu yang disebut HDL disfungsional. Jadi Anda bisa memiliki kadar kolesterol baik, HDL, kolesterol bahagia yang sangat, sangat tinggi, tetapi kolesterol itu beredar di sekitar tubuh Anda dan tidak melakukan apa-apa.

Sekarang, kolesterol jahat disebut LDL, L untuk buruk. Dan LDL, semakin tinggi tingkatnya, semakin buruk keadaan Anda. Jadi ketika kita melihat studi epidemiologi, ketika kita melihat studi genetik, orang dengan tingkat LDL yang sangat tinggi, mereka terus mengalami serangan jantung dan stroke.

 

Mengonsumsi makanan sehat jantung

Dr Septimus mengatakan diet standar Amerika penuh dengan makanan olahan dan jenis makanan ini secara signifikan berkontribusi pada kadar kolesterol tinggi, di antaranya adalah makanan kemasan, makanan beku dan makanan ringan yang dipanggang secara komersial, serta hal-hal seperti bacon dan daging yang diawetkan. Ia merekomendasikan diet yang berfokus pada makanan utuh seperti sayuran, buah-buahan, dan daging yang tidak diproses.

 

Waspadalah terhadap alkohol

Menjaga konsumsi alkohol minimal dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. "Ini adalah faktor yang sangat penting," ujar Dr Cho.

Orang yang minum banyak alkohol, karena alkohol terbuat dari gula, mereka memiliki trigliserida yang sangat tinggi. "Jadi, sangat penting untuk mencoba mengendalikan trigliserida Anda."

 

Latihan fisik

Olahraga adalah cara yang sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. "Olahraga adalah tempat yang bagus untuk memulai jika Anda mencoba menurunkan kolesterol jahat," ujar Dr Cho, yang merekomendasikan jalan cepat, bersepeda dan berenang sebagai latihan terbaik untuk menurunkan kolesterol.

Namun, hal itu tidak berhenti di situ. Menggabungkan olahraga dengan pilihan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat membuat dampak yang paling besar.

"Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga, terutama jika kolesterol tinggi Anda membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit jantung atau stroke."

 

Waspadai lemak perut

Lemak visceral, juga dikenal sebagai lemak perut, sangat terkait dengan kadar kolesterol berbahaya, jadi perhatikan lingkar pinggang Anda dan jangan biarkan lemak perut menumpuk. "Yang penting, obesitas sentral adalah penanda peningkatan peradangan di dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah Anda," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA