Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Pelatih Malaysia Kecewa Skuadnya Gagal Capai Semifinal Lebih Cepat

Sabtu 06 Aug 2022 03:20 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Penyerang Timnas Indonesia U16 Muhammad Nabil dijepit bek Timnas Filipina saat pertandingan penyisihan grup A AFF U16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Ahad (31/7/2022). Pada babak pertama Indonesia unggul 2-0 atas Filipina.

Penyerang Timnas Indonesia U16 Muhammad Nabil dijepit bek Timnas Filipina saat pertandingan penyisihan grup A AFF U16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Ahad (31/7/2022). Pada babak pertama Indonesia unggul 2-0 atas Filipina.

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Malaysia gagal capai semifinal usai ditahan imbang Myanmar di Grup C AFF U-16

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pelatih tim nasional U-16 Malaysia Osmera bin Omaro mengaku kecewa skuadnya gagal mencapai semifinal lebih cepat karena ditahan imbang Myanmar 1-1 pada laga Grup C Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat malam.

"Kami tentu kecewa karena pemain melakukan kesalahan-kesalahan kecil. Kami tak efektif di depan gawang meski sebenarnya kami mengendalikan pertandingan. Seharusnya kami bisa lebih tajam," ujar Osmera usai pertandingan.

Malaysia akan langsung melaju ke babak empat besar seandainya menundukkan Myanmar.Semifinal sudah di depan mata ketika tim muda "Harimau Malaya" unggul terlebih dahulu pada menit kedua lewat sontekan Muhamad Dainei. Namun, Myanmar berhasil menyamakan kedudukan melalui gelandangnya Kaung Khant Zaw pada babak kedua (50').

Harusnya, jika menang, Malaysia berhak melaju ke babak empat besar karena secara "head to head" unggul dari para pesaing terdekatnya yaitu Myanmar dan Kamboja. Satu tim lain di Grup C yakni Australia tak masuk hitungan karena sudah dipastikan tersingkir dari turnamen.

Skor sama kuat Malaysia dan Myanmar pun membuat Malaysia, Myanmar serta Kamboja masih mempunyai kesempatan untuk mengunci tempat di semifinal. Saat ini, Malaysia masih memuncaki Grup C dengan empat poin dari dua laga (selisih gol +3), disusul Myanmar juga dengan empat poin dari dua pertandingan tapi kalah selisih gol (+1).

Kamboja menempati tangga ketiga dengan tiga poin dari dua pertandingan, di atas Australia yang tak mungkin lagi ke mana-mana.Laga terakhir Grup C pun menjadi penentu kelolosan ke semifinal. Pertandingan akan berlangsung serentak pukul 15.00 WIB, Senin (8/8), di mana Malaysia melawan Australia di Stadion Maguwoharjo, Sleman dan Kamboja menjajal kekuatan Myanmar di Stadion Sultan Agung, Bantul.

"Kami masih optimistis terkait peluang kami ke semifinal. Pertandingan Myanmar dan Kamboja kami prediksi bakal sengit. Kami harus fokus untuk menaklukkan Australia agar lolos ke semifinal. Saya pribadi berharap kami bisa menjadi juara di turnamen ini," tutur Osmera.

Agar lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022, tim peserta harus menjadi juara grup atau menduduki peringkat kedua terbaik fase grup. Nantinya, di semifinal, juara Grup A akan melawan juara Grup C, sementara pemuncak Grup B akan menghadapi peringkat kedua terbaik fase grup yang berasal dari Grup A atau C.

Kalau tim peringkat kedua terbaik fase grup berasal dari Grup B, maka semifinal akan mempertemukan juara Grup B melawan juara Grup C, lalu juara Grup A menjajal kekuatan tim peringkat kedua terbaik dari Grup B. 

Namun, melihat posisi klasemen saat ini, dipastikan tak ada tim "runner up" terbaik dari Grup B karena poin maksimal yang bisa diraih peringkat kedua grup tersebut adalah lima poin. Padahal di Grup A, peringkat kedua sementara yakni Vietnam sudah mengumpulkan enam poin.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA