Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Sah, Marc Cucurella Kini Milik Chelsea

Jumat 05 Aug 2022 23:00 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Marc Cucurella resmi menjadi milik Chelsea.

Marc Cucurella resmi menjadi milik Chelsea.

Foto: Lars Baron / Pool via AP
Cucurella menandatangani kontrak enam tahun membela Chelsea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chelsea resmi menandatangkan bek Spanyol Marc Cucurella dari Brighton and Hove Albion dalam kesepakatan senilai lebih dari 60 juta poundsterling (Rp 1 miliar). Bek kiri berusia 24 tahun telah menandatangani kontrak enam tahun bersama the Blues setelah hanya semusim membela Brighton.

"Saya sangat senang. Ini kesempatan besar bagi saya untuk bergabung dengan salah satu klub terbaik di dunia," kata Cucurella, dikutip dari BBC, Jumat (5/8/2022). "Saya akan bekerja keras untuk bahagia di sini dan membantu tim."

Baca Juga

Ini adalah rekor penjualan bagi Brighton, melampaui kepindahan Ben White senilai 50 juta poundsterling ke Arsenal pada musim panas lalu. Lulusan akademi Barcelona ini telah menjalani satu pertandingan senior untuk Spanyol dan bermain untuk tim U-23 yang memenangkan perak di Olimpiade Tokyo 2020.

Bulan lalu Brighton menolak tawaran 30 juta poundsterling dari Manchester City untuk Cucurella, yang meminta dijual setelah City menyatakan minatnya.

"Kami tidak ingin kehilangan Marc, tetapi dia menginginkan kesempatan bermain di Liga Champions dengan tujuan untuk mempercepat kemajuannya ke skuad Piala Dunia Spanyol," kata manajer Brighton Graham Potter.

"Dia menjalani musim pertama yang luar biasa di Liga Primer, pantas memenangkan kedua penghargaan pemain terbaik kami musim ini, dan sangat senang bekerja sama selama 12 bulan terakhir."

“Marc adalah bek elite dengan kualitas Liga Premier yang sudah terbukti,” kata ketua Chelsea Todd Boehly. "Kami terus bekerja di dalam dan di luar lapangan, dan kami senang Marc akan menjadi bagian dari masa kini dan masa depan di Chelsea."

Musim panas ini Chelsea telah mendatangkan penyerang Inggris Raheem Sterling dari Manchester City seharga 50 juta poundsterling, bek Senegal Kalidou Koulibaly dari Napoli seharga 34 juta poundsterling, dan gelandang Carney Chukwuemeka dari Aston Villa dengan nilai 20 juta poundsterling.

Mereka juga mengontrak kiper Amerika berusia 18 tahun Gabriel Slonina dengan nilai transfer £12 juta yang dilaporkan dari Chicago Fire, di mana ia akan tetap dipinjamkan hingga akhir musim Major League Soccer.

Cucurella direkrut The Seagulls dari Getafe pada awal musim ini dengan banderol transfer dikabarkan mencapai 15,4 juta poundsterling. Kendati baru melakoni musim debut di Liga Primer Inggris, ia langsung tampil impresif. Cucurella tercatat hanya absen di tiga laga di pentas Liga Primer Inggris musim ini. 

Total, mantan bek sayap Barcelona itu merumput di 39 laga dan menyumbang satu gol serta dua assist di semua ajang pada musim lalu. Cucurella pun menutup musim ini dengan penghargaan pemain terbaik Brighton.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA