Sabtu 06 Aug 2022 04:15 WIB

Tips Buat Dapetin Upgrade Kelas Penerbangan Secara Gratis

Ingin pindah dari kelas ekonomi ke 'first class' secara gratis?

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kursi pesawat kelas ekonomi. Penumpang kelas ekonomi berpeluang untuk dapat upgrade ke first class.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Kursi pesawat kelas ekonomi. Penumpang kelas ekonomi berpeluang untuk dapat upgrade ke first class.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bisa terbang di first class dengan membeli tiket pesawat kelas ekonomi tentu rasanya untung besar. Pakar perjalanan dari Forbes Advisor menyebut sebetulnya setiap penumpang berpeluang untuk mendapatkan upgrade kelas saat bepergian dengan pesawat terbang.

Bagaimana caranya? Para ahli menyebut untuk meningkatkan peluang itu, penumpang harus tiba lebih awal di bandara.

Baca Juga

Check-in lebih awal

Saat menuju bandara, pelancong harus mengupayakan agar punya cukup waktu untuk lapor diri, memasukkan bagasi, dan melewati pemeriksaan keamanan. Namun, banyak orang tidak menyadari waktu check-in dapat memengaruhi peluang untuk mendapatkan upgrade.

"Jika Anda ingin meningkatkan peluang untuk mendapatkan kursi kelas satu gratis, cobalah check-in sangat awal atau malah di menit terakhir," kata pakar perjalanan, dilansir laman Express, Jumat (5/8/2022).

Jika tiba beberapa jam lebih awal untuk penerbangan, kemungkinan besar penunpang akan mengalahkan kompetisi untuk tiket kelas satu atau bisnis.  "Kemungkinannya adalah jika kabin ekonomi telah dipesan berlebih, maskapai akan ingin memperbaiki situasi ini lebih cepat daripada nanti berisiko menyebabkan penundaan," ujar pakar itu.

Gaya berpakaian

Para ahli mengungkapkan bahwa pakaian yang dikenakan penumpang dapat meningkatkan peluang mendapatkan upgrade.  "Meskipun mengenakan pakaian terbaik bukan jaminan untuk upgrade, pakaian yang cerdas tentu akan meningkatkan peluang Anda untuk dipilih," kata mereka.

Mengingat penumpang kelas satu sering kali berpakaian rapi, maka maskapai penerbangan ingin memastikan siapa pun yang mereka temui di kelas satu terlihat seperti itu. Para ahli mengatakan bahwa para pelancong tidak perlu merasa harus mengenakan sesuatu yang mewah.

Mereka merekomendasikan orang-orang menghindari barang-barang yang terlalu kasual, terutama sandal jepit dan celana pendek kargo. Penumpang dapat mengenakan pakaian kasual seperti jeans, jumper, kemeja atau blus, dan sepatu teplek.

Jadilah fleksibel

Tidak jarang beberapa maskapai penerbangan melakukan overbook penerbangan yang terkadang memaksa mereka untuk mencampurkan penumpang ke penerbangan lain.

"Jika maskapai mencari sukarelawan untuk mengambil penerbangan berikutnya, ambil kesempatan itu karena dapat meningkatkan peluang mendapatkan upgrade gratis sebagai solusi masalah Anda," ujar mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement