Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Daftar KPU, Demokrat Targetkan Posisi Tiga Besar Pemilu 2024

Jumat 05 Aug 2022 16:03 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andri Saubani

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Partai Demokrat hari ini mendaftar ke KPU menjadi peserta Pemilu 2024. (ilustrasi)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Partai Demokrat hari ini mendaftar ke KPU menjadi peserta Pemilu 2024. (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Galih Pradipta
"Kami tentu hanya bisa berjuang sekuat tenaga kembali bangkit," kata AHY.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat pada Jumat (5/8/2022), resmi mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai berlogo mercy itu optimistis dapat meraup suara masyarakat dan kembali menjadi partai papan atas seperti pemilu 2009 lalu saat memenangkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai presiden.

"Kami tentu hanya bisa berjuang sekuat tenaga kembali bangkit, paling tidak kami berupaya masuk pada papan atas di tiga besar," kata Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, Jumat.

Baca Juga

AHY mengaku ingin kembali merasakan kejayaan menjadi partai papan atas. Dia melanjutkan, Demokrat akan berupaya untuk mengisi seluruh daerah pemilihan (dapil) di Indonesia guna mendongkrak perolehan kursi di parlemen.

AHY mengatakan, dengan bisa mengisi keseluruhan Dapil tersebut maka tercapai persentase 14 hingga 15 persen. Dia berharap dengan perolehan suara tersebut maka Demokrat dapat kembali bangkit dan bisa mengisi ruang demokrasi lebih signifikan lagi.

"Saat ini DPR RI kami ada 54 orang di Senayan, tetapi tentu kami ingin jauh lebih banyak lagi sehingga peran kami di parlemen juga lebih kuat dan terasa," katanya.

Pendaftaran Partai Demokrat ke KPU diramaikan oleh arak-arakan kendaraan yang dipimpin satu mobil komando. Selanjutnya, Demokrat segera memberikan sejumlah dokumen.

AHY datang bersama perwakilan DPP dan seluruh ketua DPD Demokrat di Indonesia. Dia berhadap KPU dapat menjadi lembaga independen dan netral sambil menjaga situasi demokrasi politik terutama rangkaian penyelenggaraan pemilu 2024 nanti

"Insya Allah mudah-mudahan bisa kami lengkapi 100 persen ini juga sebagai follow up dari apa yang telah kami lakukan secara online, kami siap sebagai peserta pemilu," katanya.

Demokrat menjadi partai ke-11 yang mendaftarkan diri ke KPU sebagai seperta pemilu 2024. Sebelumnya, sejumlah partai politik juga telah mendaftar semisal PDIP, PKS, Prima, Perindo, Nasdem, PKP, Partai Garuda, Partai Pandai, PBB dan PKN.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA