Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Pemprov Babel Fasilitasi Penerbangan Domestik Jamaah Haji

Jumat 05 Aug 2022 15:45 WIB

Red: Gita Amanda

Jamaah haji (ilustrasi). Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi penerbangan domestik gratis bagi jamaah haji dengan menggunakan jasa Garuda Indonesia Airlines.

Jamaah haji (ilustrasi). Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi penerbangan domestik gratis bagi jamaah haji dengan menggunakan jasa Garuda Indonesia Airlines.

Foto: Republika
Pemprov Babel memberikan fasilitas layanan tiket gratis penerbangan domestik pulang

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi penerbangan domestik gratis bagi jamaah haji dengan menggunakan jasa Garuda Indonesia Airlines guna mendukung kelancaran terselenggara ibadah haji tahun 2022.

Kepala Bagian Bina Mental Spiritual Biro Kesra Setda Bangka Belitung Sofyan dalam keterangan, Jumat mengatakan, pemerintah Provinsi Bangka Belitung memberikan fasilitas layanan tiket gratis penerbangan domestik pulang dan pergi bagi jamaah haji asal kabupaten dan kota di wilayah itu dari Depati Amir Kota Pangkalpinang menuju embarkasi bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Baca Juga

Hanya saja kata dia, saat pemberangkatan jamaah haji asal Belitung dan Belitung Timur yang masuk dalam kelompok terbang (Kloter) empat menuju asrama haji antara Kota Pangkalpinang, tiket penerbangan jamaah haji ditanggung oleh pemerintah kabupaten setempat. "Jamaah haji asal Belitung dan Belitung Timur mendapat layanan tiket pesawat gratis dari pemerintah provinsi Bangka Belitung saat pemberangkatan dari Depati Amir Kota Pangkalpinang menuju bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan kepulangan dari embarkasi Palembang menuju bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin Tanjung Pandan," kata dia.

Dia mengatakan, pemberian layanan tiket gratis penerbangan domestik tidak hanya diberikan kepada jamaah haji, namun juga diberikan hak yang sama kepada petugas kloter dan dua orang pembantu petugas kloter atau petugas haji daerah (PHD). Selain kerja sama dengan pihak maskapai Garuda Indonesia kata Sopyan, pemerintah Provinsi Bangka Belitung juga bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk jasa angkutan barang bawaan atau koper jamaah haji.

"Barang bawaan jamaah haji saat pemberangkatan dari asrama haji Kota Pangkalpinang menuju bandara Depati Amir diangkut oleh PT Pos sebagai mitra pihak ketiga layanan angkutan barang jamaah haji," jelasnya.

Sedangkan saat kepulangan kata Sopyan, barang bawaan jamaah haji dari bandara Depati Amir Pangkalpinang akan dibawa langsung oleh PT Pos ke kantor Kementerian Agama di masing-masing kabupaten dan kota kecuali barang bawaan jamaah haji asal Kabupaten Belitung dan Belitung Timur yang langsung dibawa dalam pesawat. "Saya ingatkan bagi anggota keluarga jamaah haji yang hendak menjemput dapat langsung ke kantor Kemenag setempat, semoga seluruh jamaah haji menjadi haji yang Mabrur dan Mabrurah," ujarnya.

Dijadwalkan jamaah haji asal Pulau Bangka dalam kelompok terbang lima tiba ke Tanah Air tanggal 9 Agustus 2022 dan kloter empat jamaah haji asal Belitung dan Belitung Timur tiba ke Tanah Air lebih awal atau tanggal 7 Agustus 2022.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA