Kamis 04 Aug 2022 16:12 WIB

Kontingen Indonesia dalam Trek Menuju Juara ASEAN Para Games 2022

Kemenpora sebelumnya menargetkan minimal 115 medali emas untuk juara umum APG 2022.

Kontingen Indonesia mengibarkan bendera merah putih saat defile pada pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022).
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Kontingen Indonesia mengibarkan bendera merah putih saat defile pada pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kontingen Indonesia masih dalam trek menuju juara ASEAN Para Games (APG) 2022 Solo. Indonesia kokoh di puncak klasemen perolehan medali pesta olahraga multi event khusus atlet disabilitas itu memasuki hari keenam, Kamis (4/8/2022).

Berdasarkan data resmi dari penyelenggara kejuaraan hingga pukul 14.00 WIB, kontingen Indonesia total mengumpulkan 210 dengan rincian 89 medali emas, 69 perak dan 52 perunggu. Raihan emas kontingen Indonesia itu selisih 19 medali dengan kontingen Thailand yang berada di posisi kedua. Sedangkan di posisi tiga ada kontingen Vietnam dengan 41 medali emas, 36 perak dan 24 perunggu.

Baca Juga

"Insya Allah perolehan medali kita on the track. Mudah-mudahan ini akan bertambah dan penyelenggaraan ini luar bisa. Semua merasa senang dan nyaman," kata Menpora Zainudin Amali dalam keterangan resminya.

Perolehan medali kontingen Indonesia terus mengalami peningkatan meski saat ini banyak yang belum tercatat secara resmi mengingat belum dilakukannya Upacara Penghormatan Pemenang (UPP). Bahkan, Kemenpora lewat akun media sosialnya mengumumkan raihan medali emas Indonesia sudah mencapai 98 keping.

Jika catatan yang dilakukan pihak Kemenpora itu sesuai dengan hasil riil atlet Indonesia di kejuaraan dua tahunan ini, maka peluang tim Merah Putih menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 cukup terbuka mengingat jumlah nomor yang dipertandingkan mulai berkurang.

Kemenpora sebelumnya menargetkan minimal 115 medali emas guna mempertahankan predikat juara umum. Target tersebut jelas didasarkan pada kajian dari tim maupun NPC Indonesia.

Saat ini, masih ada beberapa cabang olahraga yang diharapkan menjadi pengumpul pundi-pundi emas seperti bulu tangkis, renang, atletik, angkat berat hingga catur. Bahkan dari hari keenam ini tim voli duduk putri membuka keran medali emas setelah mengalahkan Thailand di final.

"Alhamdulillah apa yang ditargetkan bisa tercapai. Latihan keras yang selama ini kami lakukan bisa membuahkan hasil. Ini buat dari kerja sama yang kami lakukan," kata salah satu pemain tim Indonesia, Diah Dwiyanti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement