Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Masjid Agung Kota Bogor Bisa Segera Digunakan untuk Sholat Berjamaah

Kamis 04 Aug 2022 20:57 WIB

Rep: Shabrina Zakariya/ Red: Muhammad Hafil

 Masjid Agung Kota Bogor Bisa Segera Digunakan untuk Sholat Berjamaah. Foto:  Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menyaksikan progres pemasangan makara atau penutup atap masjid di Masjid Agung Kota Bogor, Jumat (11/3).

Masjid Agung Kota Bogor Bisa Segera Digunakan untuk Sholat Berjamaah. Foto: Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menyaksikan progres pemasangan makara atau penutup atap masjid di Masjid Agung Kota Bogor, Jumat (11/3).

Foto: Pemkot Bogor
Sholat berjamaah bisa segera dilakukan di Masjid Agung Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR— Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor terus berlanjut. Lantai 2 masjid ini direncanakan bisa segera digunakan untuk sholat berjamaah pada awal Desember mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi, mengatakan pengerjaan Masjid Agung selama empat bulan ke depan fokus kepada tangga, pemasangan granit, dan interior.

Baca Juga

“Empat bulan ini di antaranya tangga, pemasangan granit lantai 1, interior lantai 1 dan plafon, pin roof. Target Desember (selesai) agar bisa digunakan,” kata Chusnul, Rabu (6/8/2022).

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menyebutkan pembangunan Masjid Agung tahun anggaran 2022 akan tuntas pada 6 Desember 2022. Usai interior dan pemasangan granit selesai, lantai 2 masjid bisa digunakan untuk sholat berjamaah.

“Insya Alah akan bisa digunakan untuk ibadah karena lantai ini akan selesai interiornya. Kemudian granitnya nanti insya Allah selesai jadi bisa digunakan untuk inadah. Kalau lantai ini aja bisa 4 ribu (jamaah) digunakan,” kata Bima Arya.

Selain itu, pekerjaan juga bisa berlanjut pada tahun anggaran 2023 yang meliputi pekerjaan fasade dan lainnya. Ia juga menargetkan pada 2023, proyek Masjid Agung yang sudah mulai dibongkar sejak 2016 silam ini bisa 100 persen selesai. Serta kembali bisa digunakan untuk tempat beribadah dan salat berjamaah.

Di samping itu, Masjid Agung Kota Bogor ketika tuntas nanti akan terintegrasi dengan Alun-Alun Kota Bogor pada akhir 2023. “Tapi untuk tahun depan akan kembali dilanjutkan fasade di luarnya. Termasuk granit di atas, fasade di luar. Juga nanti pintu masuk di depan juga sudah selesai,” jelasnya.

Bima Arya menegaskan, ia ingin memastikan para pekerja maksimal, dan seluruh materialnya tersedia dengan pengerjaan yang kualitasnya baik. “Saya awali dengan doa bersama, memohon agar Allah mudahkan dan memberikan barokah,” tuturnya.

Oleh karena itu, Bima Arya meminta agar Kepala Dinas PUPR dan jajaran pemerintah kecamatan setempat agar terus memonitor pembangunan masjid ini. Apabila ada persoalan telnis agar segera diantisipasi, dengan harapan masjid bisa cepat selesai dan digunakan untuk ibadah.

“Semua tuntas terintegrasi dengan Alun-alun ada tanggalnya ini akhir 2023,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA