Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Jurnalis Tewas di Meksiko Bertambah Jadi 13 Orang

Kamis 04 Aug 2022 15:45 WIB

Red: Nur Aini

Seorang jurnalis Meksiko tewas dalam penembakan saat bekerja di bar keluarganya, kata pihak berwenang di negara bagian Guanajuato, Rabu (3/8/2022).

Seorang jurnalis Meksiko tewas dalam penembakan saat bekerja di bar keluarganya, kata pihak berwenang di negara bagian Guanajuato, Rabu (3/8/2022).

Dengan Ernesto, ada 13 pembunuhan jurnalis pada tahun 2022 di Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Seorang jurnalis Meksiko tewas dalam penembakan saat bekerja di bar keluarganya, kata pihak berwenang di negara bagian Guanajuato, Rabu (3/8/2022).

Pembunuhan Ernesto Mendez adalah yang ke-13 sepanjang tahun ini dalam serangkaian pembunuhan di Meksiko yang mencemaskan para jurnalis. Serangan itu terjadi Selasa malam di sebuah bar milik keluarga Mendez di kotamadya San Luis de la Paz, menurut pihak berwenang.

Baca Juga

Laporan awal menunjukkan bahwa komando bersenjata menyerbu ke bar dan menembak Mendez dan seorang pengusaha serta dua orang lainnya. Mendez dilaporkan sudah diancam dalam beberapa kesempatan dan menghubungi pihak berwenang untuk meminta perlindungan.

Article 19, sebuah organisasi hak asasi manusia internasional yang berkomitmen pada kebebasan berbicara, mengecam pembunuhan terakhir dan meminta kejaksaan khusus mengambil alih penyelidikan.

"Dengan Ernesto, ada 13 pembunuhan jurnalis pada tahun 2022, dan setidaknya sembilan terkait dengan pekerjaan mereka. Kami menuntut agar Meksiko bertindak segera untuk menghentikan fenomena ini, dan kami ikut berduka atas keluarga, teman, dan kolega Ernesto" kata sebuah pernyataan di halaman Twitter mereka.

Organisasi seperti Komisi Hak Asasi Manusia Inter-Amerika (CIDH) baru-baru ini menyebut Meksiko sebagai negara paling berbahaya di dunia bagi jurnalis.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/jurnalis-tewas-di-meksiko-bertambah-jadi-13-orang-sejak-tahun-ini/2652989
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA