Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

PKB: Muhaimin Masih Dimandatkan Menjadi Capres

Kamis 04 Aug 2022 14:17 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Dalam pertemuan tersebut, Gerindra dan PKB bersepakat bekerja sama menyiapkan Pileg, Pilpres dan Pilkada di Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Dalam pertemuan tersebut, Gerindra dan PKB bersepakat bekerja sama menyiapkan Pileg, Pilpres dan Pilkada di Pemilu 2024 mendatang.

Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Jazilul sebut Muhaimin sebagai kader terbaik PKB yang dicalonkan jadi capres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid mengatakan bahwa rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Gerindra belumlah meresmikan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Kendati demikian, partainya masih memandatkan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar sebagai capres di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau di PKB sampai hari ini mandatnya sebagai capres," ujar Jazilul di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (4/8).

Baca Juga

Muhaimin, jelas Jazilul, merupakan kader terbaik PKB yang diusulkan menjadi capres di 2024. Namun, ia menegaskan bahwa PKB dengan Partai Gerindra belumlah membahas pasangan capres-cawapres. "Yang penting koalisi dengan Gerindra, kalau soal figur ya teknis lah nantinya, tapi sampai hari ini ya namanya dinamika ya seperti itu masih deklarasikan koalisi PKB dengan Gerindra, ada Piagam Deklarasi," ujar Jazilul.

Adapun koalisi antara PKB dengan Partai Gerindra akan diresmikan dalam Rapimnas Partai Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, pada 13 Agustus mendatang. Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar juga direncanakan hadir dalam forum tersebut.

"Piagam deklarasi itu menyepakati presiden dan wakil presiden itu dari kader partai masing-masing. Ya kan kita belum sebut nama dari kader partai masing-masing, kader partai terbaik di Gerindra itu Pak Prabowo, kader partai terbaik di PKB Gus Muhaimin," ujar Jazilul.

Sebelumnya, Politika Research and Consulting (PRC) merilis survei nasional terkait potret terbaru kandidat capres 2024. Mereka juga melakukan lima model simulasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yang diikuti oleh tiga pasangan capres dan calon wakil presiden (cawapres).

Model pertama diikuti oleh pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Salahuddin Uno, Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Prabowo Subianto-Abdul Muhaimin Iskandar. Dalam simulasi tersebut, pasangan Ganjar-Sandiaga berada di urutan teratas dengan 44,8 persen.

"Anies-AHY 32,4 persen, Prabowo-Muhaimin 13,8 persen," ujar Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo di Morrissey Hotel, Jakarta, Ahad (24/7).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA