Kamis 04 Aug 2022 14:00 WIB

Wagub Edy: Jadikan Festival UMKM dan Pariwisata Sebagai Penggerak Ekonomi Daerah

Festival menjadi ajang mengajak masyarakat membangkitkan pariwisata dan UMKM Kalteng

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo membuka secara resmi Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022, bertempat di Aula Gedung KONI Kalteng, Kamis (4/8/2022).
Foto: Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo membuka secara resmi Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022, bertempat di Aula Gedung KONI Kalteng, Kamis (4/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo membuka secara resmi Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022, bertempat di Aula Gedung KONI Kalteng, Kamis (4/8/2022). Wagub Edy berharap festival UMKM dan pariwista bisa menjadi penggerak ekonomi daerah.

Hadir Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin, Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng Yura Djalins, Kepala OJK Provinsi Kalteng Otto Fitriandy serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng.

Baca Juga

Wagub Edy Pratowo menyambut baik di selenggarakannya Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai ini. “Festival ini bukan hanya mengenalkan potensi pariwisata dan produk UMKM unggulan, tetapi juga menumbuhkan kepedulian dan sekaligus mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangkitkan pariwisata dan UMKM Kalteng, setelah terpukul akibat pandemi Covid-19,” tutur Wagub Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Edy berharap kegiatan strategis Festival Pesona Tambun Bungai ini akan makin menguatkan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk memulihkan perekonomian Kalteng, khususnya industri kreatif pariwisata dan UMKM.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Kita harus bekerja bersama-sama, untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Saya sangat mengapresiasi sinergi dan kontribusi nyata Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah selama ini dalam mendukung perekonomian di wilayah Kalimantan Tengah, khususnya sektor pariwisata dan UMKM,” ujar Edy.

photo
Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran menghadiri Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022, bertempat di Aula Gedung KONI Kalteng, Kamis (4/8/2022). - (Pemprov Kalteng)

Sebagaimana diketahui, di sektor pariwisata, ada dua kegiatan di Kalteng yang berhasil masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dari 319 nominasi, yakni Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 di Kota Palangka Raya yang berjalan sangat meriah pada bulan Mei 2022 lalu dan Festival Babukung Tahun 2022 di Kabupaten Lamandau yang akan diselenggarakan pada bulan November nanti.

Kemudian, tidak lama lagi, yakni pada 28 Agustus 2022 mendatang, Provinsi Kalteng tepatnya di Kota Palangka Raya, akan menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung UCI MTB Eliminator World Cup 2022. “Event internasional ini tentu bisa menjadi momentum untuk mendongkrak perekonomian daerah, pariwisata, dan UMKM Kalimantan Tengah melalui sport tourism. Saya mengajak semua pihak, termasuk tentunya Bank Indonesia, untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan Kejuaraan Dunia UCI MTB Eliminator World Cup 2022 tersebut,” kata Edy.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng Yura Djalins dalam laporannya menyampaikan seiring dengan perkembangan waktu, pandemi Covid-19 berangsur dapat dikendalikan meskipun pada saat ini telah muncul varian baru yang menjadi perhatian bersama.

Untuk diketahui, bahwa kondisi ini berdampak positif pada perbaikan di berbagai sisi ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalteng pada triwulan I 2022 tumbuh 7,32 persen (yoy). “Pemulihan ekonomi yang saat ini masih terus berlangsung, harus kita dukung dan upayakan bersama agar sektor-sektor yang sebelumnya terkena dampak oleh pandemi seperti UMKM dan jasa pariwisata dapat segera bangkit mengejar ketertinggalan,” ucap Yura.

Yura Djalins mengutarakan kegiatan “Pesona Tambun Bungai 2022” yang dilaksanakan secara offline di Gedung KONI Kalteng pada tanggal 4-7 Agustur 2022 dirangkai dengan sejumlah kegiatan. Antara lain lomba Karya Tulis Ilmiah, lomba Fotografi dan Vlog UMKM, pameran UMKM dan promosi belanjakalteng.com, pameran pariwisata, business matching UMKM, workshop, fashion show, hiburan dan kuliner lokal serta lomba lari “Hadari Kahayan 5”.

“Saya atas nama pribadi dan BI menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan gubernur beserta jajaran yang secara nyata mau dan semangat untuk mendorong dan menjaga pemulihan ekonomi daerah melalui eksistensi UMKM dan promosi pariwisata di daerah dengan menyinergikan program-program daerah dan mengajak stakeholder untuk bersama membangun ekonomi daerah,” ujarnya.

Usai membuka secara simbolis Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai, Wakil Gubernur Kalteng beserta beserta Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng, Wakapolda Kalteng, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng, Kepala OJK Provinsi Kalteng  serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng meninjau Festival UMKM di halaman KONI Kalteng.

Nampak pembukaan Festival UMKM dihadiri juga masyarakat umum dari berbagai daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement