Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Firdaus Memorial Park di Bogor Siap Dimanfaatkan

Kamis 04 Aug 2022 10:42 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

Firdaus Memorial Park di Bogor Siap Dimanfaatkan

Firdaus Memorial Park di Bogor Siap Dimanfaatkan

Foto: Sinergi Foundation
Lahan yang tersedia akan bisa menampung jumlah yang banyak.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Setelah Firdaus Memorial Park hadir di sejumlah titik, yakni di kawasan Cikalong Wetan, Bandung Barat dan Nagrog, Kabupaten Bandung, kini Sinergi Foundation semakin mengembangkan program pemakaman Muslim berbasis wakaf. Menghadirkan kawasan pemakaman terbaru di daerah Bogor, Setelah dilakukan launching di Auditorium Internasional Institut Tazkia, Bogor, pada Sabtu 26 Maret 2022 lalu. 

Kini Firdaus Memorial Park Bogor telah mengalami perubahan dari yang asalnya tanah belukar kosong ditumbuhi dengan ilalang tinggi, menjadi kawasan pemakaman yang asri, nyaman dan ramah lingkungan. Tak hanya itu, permasalahan syariah pun tak luput dari perhatian dalam pengelolaan Firdaus Memorial Park, di antaranya pemakaman berbasis wakaf tersebut sudah diarahkan ke kiblat mengikuti ketentuan syariah.

Firdaus Memorial Park Bogor terus perluas pembangunan demi memberikan lahan untuk wakif, pun dhuafa memperoleh kebaikan dari hadirnya pemakaman syar’i berbasis wakaf ini. Sehingga lahan yang tersedia akan bisa menampung jumlah yang banyak, “Ada 300 kavling siap dimanfaatkan dari total 2.500 kavling yang akan disiapkan”,Manager Cabang Sinergi Foundation Bogor, Nurodin dalam siaran pers yang diterima Republika. 

Tidak hanya jumlah kavling yang siap dimanfaatkan, pun fasilitas lainnya turut disediakan untuk memberikan layanan maksimal kepada masyarakat yang datang untuk melihat situasi dan kondisi pemakaman muslim Firdaus Memorial Park Bogor, “Pengerjaan selanjutnya adalah pembuatan jalan dan fasilitas umum seperti gazebo dan toilet”, tambah Nurodin. Pemakaman ini sudah siap dimanfaatkan oleh pihak yang sebelumnya mengikuti program wakaf untuk pemakaman ini, pun oleh calon wakif yang baru akan mendaftar untuk menjadikan Firdaus Memorial Park sebagai tempat yang dipilih untuk peristirahatan terakhir kelak.

\Hingga saat ini sudah banyak calon wakif yang terus berdatangan untuk survey lokasi dan menanyakan hal-hal seputar pemakaman muslim Firdaus Memorial Park ini. 

Sinergi Foundation sebagai lembaga yang mengukuhkan positioning sebagai lembaga pengelola wakaf dan selalu berinovasi dalam memberikan yang terbaik, salah satunya dengan menyediakan lahan pemakaman mewah, Firdaus Memorial Park, namun tidak diperjualbelikan melainkan dikelola dengan berbasis wakaf. Hal ini selaras dengan fatwa haram MUI mengenai makam mewah yang diperjualbelikan, 2014 silam.

Firdaus Memorial Park sendiri termasuk dalam program 9in1 Wakaf di Sinergi Foundation, di mana setiap pewakaf mendapat benefit berupa lahan pemakaman bagi dirinya serta berkontribusi memberikan pemakaman bagi dhuafa secara gratis, juga berwakaf untuk 8 program wakaf lainnya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA