Kamis 04 Aug 2022 07:26 WIB

Cara Simpel Atasi Rambut Rontok, Cuma Pakai Telur

Salah satu makanan terbaik yang mendukung kesehatan rambut adalah telur.

Cara mudah dan murah mengatasi rambut rontok (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Cara mudah dan murah mengatasi rambut rontok (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerontokan rambut dapat membuat frustrasi karena sulit untuk dicegah atau diatasi. Bisa juga Anda meraka "kalah" menghadapi kerontokan rambut setelah mengetahui alasan di baliknya. 

Ya, kehilangan sebagian rambut merupakan hal yang wajar dalam proses penuaan. Namun ada faktor potensial lain seperti genetika yang menyebabkannya, di antaranya kekurangan nutrisi, stres, atau masalah mendasar lainnya.

Baca Juga

Beberapa faktor penyebab kerontokan tersebut lebih sulit untuk dikelola dibandingkan yang lain. Namun, memasukkan lebih banyak nutrisi yang tepat ke dalam konsumsi makanan harian Anda mungkin menjadi salah satu cara yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut lebih banyak lagi.

Menurut penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook and Fueling Male Fertility, Lauren Manaker, salah satu makanan terbaik yang mendukung kesehatan rambut adalah telur, khususnya kuning telur. Telur mengandung nutrisi dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. 

"Telur adalah sumber alami biotin, nutrisi pendukung kesehatan rambut kesayangan," ujar Manaker dikutip dari laman Eat This Not That, Rabu (3/8/2022).

Biotin adalah jenis vitamin B. Selain dari telur, biotin dapat ditemukan dalam daging, organ hewan, ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Dalam satu telur, Anda akan mendapatkan sekitar 10 mikrogram biotin yang merupakan 33 persen dari nilai harian yang Anda rekomendasikan. Menurut National Institutes of Health, ini hampir merupakan persentase biotin tertinggi, kedua setelah hati sapi. 

Manaker mencatat, ada beberapa keterbatasan dalam penelitian terkait pencegahan kerontokan rambut. "Meskipun tidak banyak data yang menunjukkan bahwa biotin secara khusus mencegah kerontokan rambut, ada beberapa data yang menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi ini terkait dengan pertumbuhan rambut yang tidak sehat," jelasnya. 

Jadi, mengonsumsi makanan biotin seperti telur dapat membantu menjaga rambut tumbuh pada tingkat yang sehat. Satu ulasan menemukan bahwa suplementasi biotin membantu pertumbuhan rambut dan penguatan kuku pada peserta yang memiliki masalah mendasar seperti sindrom kuku rapuh. Studi tersebut menyimpulkan bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan terkait  apa yang dapat dilakukan biotin untuk orang-orang yang belum memiliki masalah dengan rambut atau kuku mereka.

Ulasan lain tentang kerontokan rambut dan suplementasi vitamin menekankan bahwa suplementasi biotin tidak diperlukan pada individu yang sehat. Karena artikel penelitian ini sebagian besar mengacu pada suplemen, tetap penting untuk memasukkan sumber makanan biotin ke dalam makanan Anda, dan telur adalah cara yang mudah dan terjangkau untuk melakukan ini.

Manaker mengatakan, manfaat lain yang berhubungan dengan rambut untuk makan telur adalah mereka mengandung protein berkualitas tinggi yang merupakan nutrisi lain yang mendukung kesehatan rambut. "Faktanya, sebuah penelitian selama tiga bulan pada wanita dengan rambut yang menipis menemukan bahwa suplementasi protein mungkin dapat membantu mengurangi penipisan dan kerontokan rambut," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement