Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Semarak Tahun Baru Islam Bersama Universitas Nusa Mandiri

Rabu 03 Aug 2022 19:20 WIB

Red: Budi Raharjo

Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda, Depok mengadakan kegiatan pawai obor untuk menyambut 1 Muharram 1444 H yang bertepatan pada Sabtu 30 Juli 2022, bersama dengan warga sekitar RW 07 Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda, Depok mengadakan kegiatan pawai obor untuk menyambut 1 Muharram 1444 H yang bertepatan pada Sabtu 30 Juli 2022, bersama dengan warga sekitar RW 07 Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Foto: Universitas Nusa Mandiri
Kami ingin membangun kepercayaan masyarakat dan hubungan yang harmonis

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Tahun baru Islam pada tanggal 1 Muharram menjadi salah satu momen paling penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Salah satu momen bersejarah yang terjadi adalah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota suci Mekkah ke kota suci Madinah.

Peristiwa hijrah tersebut jatuh pada tanggal 1 Muharram. Hijrah secara bahasa dapat diartikan berpindah dari suatu tempat ketempat lain. Sedangkan, dalam istilah, hijrah dapat diartikan meninggalkan suatu perkara buruk ke perkara yang lebih baik.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda, Depok mengadakan kegiatan pawai obor untuk menyambut 1 Muharram 1444 H yang bertepatan pada Sabtu 30 Juli 2022, bersama dengan warga sekitar RW 07 Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok. Terlihat antusias warga dalam acara tersebut dengan banyaknya masyarakat yang hadir, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua. 

Andry Maulana selaku Kepala Kampus UNM kampus Margonda mengatakan, kegiatan pawai obor ini berlangsung dengan tertib dan aman. Seluruh peserta pawai senantiasa saling menjaga dan memaknai perayaan tahun baru Islam ini, sebagai hijrah menuju kebaikan.

“Acara dikawal juga oleh Babinsa (Bintara Pembina Desa) dan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang menjaga ketertiban selama kegiatan tersebut berlangsung,” jelasnya. 

Dengan membawa obor, kata Andry menjelaskan, masyarakat berjalan kaki sekitar jalan Raya Margonda. Dalam acara tersebut Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda hadir memberi dukungan dan kepedulian pada masyarakat muslim di sekitar Margonda-Depok. 

“Melalui kegiatan ini, UNM dapat lebih mendekatkan diri pada masyarakat dalam membangun hubungan bermasyarakat dan menjadi wadah bagi kegiatan masyarakat yang positif serta menjadi momentum evaluasi kampus, agar dapat hijrah dan berkembang menjadi universitas yang unggul dan melakukan banyak terobosan baru dalam dunia pendidikan,” tandasnya.

Ia menambahkan, dibutuhkan kualitas pendidikan yang baik untuk kampus, agar dapat berkembang serta membangun kedekatan yang harmonis dengan masyarakat. 

“Lewat keikutsertaan UNM kampus Margonda dalam kegiatan pawai obor ini, kami ingin membangun kepercayaan masyarakat dan hubungan yang harmonis. Pasalnya, dalam tri dharma perguruan tinggi, kampus juga berperan penting dalam menumbuhkan sikap positif di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, ketua RW (Rukun Warga) 07, Imam mengucapkan terima kasih atas partisipasi UNM dalam acara pawai obor untuk memperingati tahun baru Islam, 1 Muharram 1444 H. “Kami mengucapkan terima kasih pada kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda, karena ikut berpartisipasi dalam kegiatan 1 Muharram, semoga dapat membangun citra yang baik dalam bermasyarkat,” tutupnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA