Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Phil Foden Diklaim Bisa Bantu Haaland Keluarkan Kemampuan Terbaiknya

Rabu 03 Aug 2022 21:06 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Penyerang Manchester City Erling Haaland

Penyerang Manchester City Erling Haaland

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Ia menegaskan, Foden bisa bermain di lima posisi depan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City akan menjadi perhatian pada musim baru 2022/2023 yang tinggal hitungan hari. Striker baru mereka Erling Haaland jelas akan menjadi pusat perhatiannya sebagai pemain paling tajam di Eropa saat ini. Patut dinanti bagaimana aksinya ketika City menghadapi West Ham United di laga pembuka Liga Inggris.

Haaland memang tak mencetak gol saat melawan Liverpool di Community Shield. Tetapi dia telah menunjukkan kualitasnya yang banyak mengancam gawan lawan. Maka dari itu Haaland akan berpotensi menampilan sesuai yang diharapkan publik Etihad.

Baca Juga

Namun masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan pelatih City Pep Guardiola jika ingin mendapatkan performa terbaik dari Haaland. Dia memang membutuhkan waktu beradaptasi di Liga Inggris. Untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya, Guardiola bisa menggunakan Phil Foden.

Foden bisa bermain dibanyak posisi meski secara umum dia tampak sebagai bagian dari tiga pemain depan. Musim lalu, Foden beroperasi ke area lebih sentral. Posisi yang dilihat Guardiola sebagai posisinya dalam jangka panjang.

“Bagi Phil, tanggung jawab bukanlah masalah. Sejak hari pertama pergi ke panggung yang lebih besar, skenario yang lebih besar dan pertandingan penting, itu bukan masalah (baginya). Dia suka bermain,” ujar Guardiola dilansir dari Manchester Evening News, Rabu (3/8/2022).

Ia menegaskan, Foden bisa bermain di lima posisi depan yakni pemain sayap di kedua sisi, penyerang tengah dan gelandang serang. Dan pada waktunya Foden dinilai akan lebih mampu bermain di posisi tengah. Namun dengan kecepatannya dia masih cocok bermain melebar.

Ketika baru pertama tima di City, Guardiola melihat Foden bermain di posisi Kevin De Bruyne. Dan saat itu dia bermain sangat bagus. Foden selalu bermain dengan ritme tinggi dan cepat. Menurut Gurdiola Foden sangat agresif.

Dengan potensi yang dimiliki Foden, dia bisa menjadi solusi ideal untuk mengeluarkan potensi penuh Haaland. De Bruyne dan Bernanrdo Silva yang menghabiskan beberapa tahun menjalankan gaya permainan Guardiola  maka Haaland dapat fokus bertindak sebagai penyerang. Foden dapat dipindah posisi lebih ke tengah dengan Haaland fokus ke diujung tombak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA