Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Chelsea Konfirmasi Penandatanganan Kiper Muda Timnas AS Gabriel Slonina

Rabu 03 Aug 2022 11:38 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Kiper baru Chelsea dari Chicago Fire Gabriel Slonina

Kiper baru Chelsea dari Chicago Fire Gabriel Slonina

Foto: AP/THE CANADIAN PRESS
Transfer Slonina ke Chelsea merupakan yang termahal dalam sejarah Chicago Fire.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chelsea telah mengonfirmasi penandatanganan kiper Amerika Serikat Gabriel Slonina (18 tahun) senilai 15 juta dolar AS dari Chicago Fire dengan kontrak enam tahun. Namun ia akan tetap bersama tim MLS itu dengan status pinjaman, dan bergabung dengan Chelsea secara permanen pada awal tahun depan.

Slonina menjadi rekrutan termuda Chicago ketika dia menandatangani kontrak dengan klub tersebut pada 2019, dalam usianya yang baru 14 tahun. Dia kemudian membuat debutnya untuk klub pada 4 Agustus tahun lalu pada usia 17. Slonina menjadi kiper termuda yang bermain sebagai starter di MLS. Penampilannya yang kuat sejak saat itu membuatnya pindah ke salah satu klub terbesar di Eropa.

Baca Juga

"Saya bergabung dengan klub ini dengan ambisi bermain di level tertinggi dan merupakan mimpi yang menjadi kenyataan untuk mengenakan jersey Chicago Fire," kata Slonina dikutip dari Daily Mail, Rabu (3/8/2022).

Dia mengungkapkan, Chicago Fire telah menjadi rumah kedua baginya yang sekaligus ia anggap sebagai keluarga kedua. Ia mengakui ada begitu banyak orang yang telah memainkan peran besar dalam membantunya sampai berada di titik ini.

"Saya sangat berterima kasih atas semua dukungan yang saya terima dari keluarga saya, pelatih, rekan tim, dan semua orang yang terkait dengan Klub. Merupakan kehormatan luar biasa untuk bekerja bersama Anda masing-masing," katanya.

Slonina, yang bermain setiap menit di musim 2022 Fire sejauh ini, sebelumnya dikaitkan dengan Real Madrid. 

Kedatangan kiper berarti dia akan bergabung dengan sesama pemain Amerika Christian Pulisic di Chelsea.

Slonina menerima panggilan timnas Amerika pertamanya pada Desember dan telah tampil di berbagai level tim muda tetapi belum bermain untuk tim senior. Timnas AS memainkan dua pertandingan terakhir sebelum turnamen melawan Jepang dan Arab Saudi pada akhir September.

Kepindahan remaja itu ke Chelsea adalah transfer paling mahal di Chicago hingga saat ini, dan klub mengatakan persentase penjualan juga telah disepakati sebagai bagian dari kesepakatan. Selain uang, langkah itu tidak diragukan lagi merupakan iklan untuk akademi Chicago Fire serta MLS pada umumnya.

"Kami sangat bangga dan senang melihat Gaga mencapai momen penting ini dalam kariernya," kata direktur olahraga Fire Georg Heitz. "Sejak bergabung dengan Klub, Gaga telah mewujudkan apa artinya menjadi pemain Chicago Fire. Selain bakatnya yang luar biasa, ia dewasa di luar usianya, bekerja sangat keras, dan rekan satu tim yang fantastis," ujarnya. 

"Gaga adalah panutan bagi banyak calon pesepak bola muda di Chicago, dan transfer ini menunjukkan bahwa seorang pemain dapat maju ke tim utama dari Akademi kami sebelum bergabung dengan salah satu klub terbesar di dunia," kata Heitz. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA