Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Hadirkan Jagoan Wisata, Tiket.com Bantu Desa Wisata Naik Kelas

Rabu 03 Aug 2022 03:10 WIB

Red: Fuji Pratiwi

Pengunjung berjalan di lokasi wisata kampung tematik Ciharashas, Kelurahan Mulyaharja, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/6/2021). Perusahaan agen travel daring Tiket.com membuat program bertajuk

Pengunjung berjalan di lokasi wisata kampung tematik Ciharashas, Kelurahan Mulyaharja, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/6/2021). Perusahaan agen travel daring Tiket.com membuat program bertajuk

Foto: Antara/Arif Firmansyah
Program ini menghadirkan pelatihan dan bimbingan bagi pelaku usaha di desa wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan agen travel daring Tiket.com membuat program bertajuk "Jagoan Wisata" yang bertujuan menaikkan kelas desa-desa wisata di Indonesia.

Program ini akan menghadirkan lokakarya atau pelatihan dan bimbingan bagi para pelaku usaha di desa wisata yang tergabung dalam Jejaring Desa Wisata (Jadesta). Kegiatan ini didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca Juga

"Desa wisata ini menarik, karena Indonesia memiliki banyak lokasi yang sangat potensial. Cuma sepertinya kita bisa melakukan hal-hal lagi untuk membuat mereka jadi lebih terekspose, baik dari segi kualitas atau layanan kita bisa bagikan sesuatu hal-hal yang membuat mereka lebih baik lagi," kata Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa dalam peluncuran program Jagoan Pariwisata 2022 secara virtual, Selasa (2/8/2022).

Chief People Officer tiket.com Dudi Arisandi menyebutkan untuk gelaran perdana Jagoan Wisata 2022 ada empat Desa Wisata yang terpilih yaitu Desa Wisata Mulyaharja di Bogor, Desa Condet di Jakarta Timur, Desa Kaki Langit Mangunan, dan Desa Dewi Sambi yang berada di Yogyakarta. Dari keempat Desa Wisata itu akan dihimpun para pelaku-pelaku usaha pariwisata untuk mendapatkan pelatihan secara hibrida dari para pengajar.

Selama proses pelatihan, tiket.com menggandeng perusahaan rintisan Inspigo untuk menyediakan tenaga pengajar dan pembimbing serta materi untuk para pelaku usaha pariwisata tersebut. Periode pelatihannya akan berlangsung selama satu bulan lamanya mulai 25 Agustus hingga 29 September 2022.

"Kami berharap tiket.com bisa ikut serta membantu program pemerintah dalam mengembangkan desa wisata dan menumbuhkan ekonomi di desa wisata tersebut, tentunya juga bisa sambil melestarikan alam, lingkungan dan budaya di desa wisata menjadi semakin maju melalui edukasi yang dilakukan bersama-sama dengan Inspigo. Sehingga lewat program ini bisa tercipta bisnis yang berkelanjutan," kata Dudi.

 

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA