Selasa 02 Aug 2022 20:43 WIB

KPU: Dua Parpol akan Mendaftar Besok

Kedua parpol yang akan mendaftar, yakni Partai Garuda dan Partai Damai Kasih Bangsa.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik
Foto: Prayogi/Republika.
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum RI menginformasikan ada dua partai politik yang akan mendaftar pada hari ketiga tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024, Rabu (3/8/2022) besok. Keduanya, yakni Partai Garuda dan Partai Damai Kasih Bangsa.

"Partai Garuda, yang kedua Partai Damai Kasih Bangsa. Jadi, besok jam 14.00 WIB, kami akan menerima dua partai politik yang akan mendaftar ke KPU Indonesia," kata Anggota KPU RI Idham Holik di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga

Sampai saat ini, menurut dia, sudah ada 10 partai politik yang mendaftar ke KPU RI. Sebanyak sembilan partai politik mendaftar pada hari pertama tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024, dan satu parpol yang mendaftar di hari kedua.

Partai politik yang mendaftar pada hari pertama, yakni PDIP, PKP, PKS, Partai Reformasi, PRIMA, Perindo, NasDem, PBB, dan Pandai. Pada hari kedua tahapan pendaftaran, Selasa hari ini pukul 14.00 WIB, Partai Kebangkitan Nusantara menjadi satu-satunya partai politik yang mendaftar. 

Idham mengatakan, dari 10 partai partai politik yang mendaftar, sebanyak 7 parpol dinyatakan menyertakan dokumen lengkap dan diberikan berita acara bahwa parpol mereka dapat didaftar. Tujuh parpol, yakni PDIP, PKS, PKP, Perindo, Nasdem, PBB, dan PKN.

Saat ini, PDIP, PKS, PKP, Perindo, Nasdem dan PBB sudah memulai proses tahapan verifikasi administrasi pada Selasa hari ini. "PKN dilanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi yang akan kami mulai besok," ucap Idham.

Idham mengatakan, KPU melakukan verifikasi administrasi secara simultan. Sementara itu, tiga parpol lain yang juga mendaftar di hari pertama, tetapi belum lengkap dokumennya, yakni Partai Reformasi, Pandai dan PRIMA.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement