Selasa 02 Aug 2022 19:31 WIB

Pemprov Kalteng Dorong Percepatan Pembangunan Universitas Barito Raya

Raker membahas pengembangan SDM dan layanan pendidikan tinggi di Kalteng

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin bersama Sekretaris Daerah Wilayah DAS Barito menggelar Rapat Kerja  (Ratas). Rapat kerja dilakukan  dalam rangka Percepatan Pembangunan di Wilayah DAS Barito dalam Mendukung Kalteng sebagai Penyangga Ibu Kota Negara (IKN).
Foto: istimewa
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin bersama Sekretaris Daerah Wilayah DAS Barito menggelar Rapat Kerja (Ratas). Rapat kerja dilakukan dalam rangka Percepatan Pembangunan di Wilayah DAS Barito dalam Mendukung Kalteng sebagai Penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

REPUBLIKA.CO.ID, BARITO UTARA–-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin bersama Sekretaris Daerah Wilayah DAS Barito menggelar Rapat Kerja  (Ratas). Rapat kerja dilakukan  dalam rangka Percepatan Pembangunan di Wilayah DAS Barito dalam Mendukung Kalteng sebagai Penyangga Ibu Kota Negara (IKN). 

Pada Raker tersebut membahas membahas program pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Manusia (SDM) serta pemenuhan pemerataan akses pelayanan pendidikan pada jenjang perguruan Tinggi di Provinsi Kalteng. Khususnya bagi masyarakat Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito yang mencakup Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Selatan, kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya. Ratas dilaksanakan di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga

Dalam arahannya, Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin menyampaikan bahwa Pemprov Kalteng terus mendorong investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan tetap fokus pada prioritas pembangunan salah satunya pendidikan.“ Peningkatan SDM melalui jalur pendidikan formal adalah investasi jangka panjang, untuk itu perlu pemerataan terhadap aksesbilitas pendidikan, salah satunya dengan membangun perguruan tinggi di wilayah DAS Barito” ucap Nuryakin.

Lebih lanjut Sekda Nuryakin menyebut, inisiasi membangun perguruan tinggi di wilayah DAS Barito ini merupakan ide gagasan cemerlang dari Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang menghendaki agar lulusan  SLTA di Kalteng, khususnya DAS Barito, dapat melanjutkan  pendidikan di daerah sendiri.“ Perlu kajian dan pembahasan yang lebih cermat dalam perencanaan pembangunan perguruan tinggi ini, untuk itu hari ini sebagai langkah awal, kita membahas bersama-sama dengan pemerintah kabupaten DAS Barito tang diwakili Sekda masing-masing” katanya.

photo
   Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin menyampaikan bahwa Pemprov Kalteng terus mendorong investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan tetap fokus pada prioritas pembangunan salah satunya pendidikan (dok istimewa)

 

Pada bagian akhir rapat kerja Sekda Provinsi Kalteng bersama Sekda kabupaten wilayah DAS Barito dilakukan penandatanganan Berita Acara  Rapat Kerja Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Aekretaris Daerah Kabupaten Wilayah DAS Barito dalam rangka Percepatan Pembangunan Provinsi Kalteng di wilayah DAS Barito untuk mendukung IKN. 

Penandatangan  oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin bersama Sekda Kabupaten Barito Utara Muhlis, Sekda Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar, Sekda Kabupaten Barito Selatan Edy Purwanto dan Asisten II Setda Kabupaten Murung Raya Ferry Hardi.

Dalam berita acara tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan  sebagai berikut, pertama, agar masyarakat di 4 (empat) kabupaten DAS Barito memperoleh akses pelayanan pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi yang lebih terjangkau.  Tersedianya kesempatan yang lebih luas untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan secara akademik. Serta untuk dapat menampung lebih banyak lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di wilayah DAS Barito, perlu dibangun Perguruan Tinggi/ Universitas/ Politeknik Negeri. 

Kedua, Perguruan Tinggi/ Universitas/ Politeknik Negeri dimaksud akan dibangun di wilayah Kabupaten DAS Barito dan diberi nama Perguruan Tinggi/ Universitas/ Politeknik Negeri Barito Raya. 

Ketiga, sebelum mendirikan Perguruan Tinggi/ Universitas/ Politeknik Negeri Barito Raya diperlukan Studi kelayakan terdiri dari sarpras, SDM, keuangan, status hukum dan umum. Keempat, pembangunan Perguruan Tinggi/ Universitas/ Politeknik Negeri dimaksud akan dibiayai bersama dari APBD Provinsi Kalteng dan APBD masing-masing kabupaten se-DAS Barito secara proposional serta sumbangan dari pihak lainnya yang sah dan tidak mengikat sesuai ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang diselenggarakan melalui mekanisme Kerja Sama daerah.

Kelima, masing-masing Sekda selaku Ketua Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) selanjutnya menindaklanjuti kesepakatan ini dengan menyusun Rencana Kerja Sama Daerah sesuai ketentuan Peraturan Perundang-Undangan sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah dengan daerah lain, dan Kerja Sama Daerah dengan pihak ketiga. Keenam, sesuai tahapan penyelenggaraan Kerja Sama Daerah, Sekda menugaskan perangkatnya masing-masing sesuai tugas dan fungsinya untuk saling berkoordinasi dan bersama-sama menyususn Naskah Kerja Sama.

Terakhir, naskah Kerja Sama tersebut nantinya akan ditandatangani oleh Kepala Daerah dalam hal ini Gubernur Kalteng dan Bupati se-DAS Barito secara bersama-sama pada waktu dan tempat yang akan disepakati kemudian. Turut hadir Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Kepala Perangkat Daerah DAS Barito terkait, serta akademisi Ibnu AS Pelu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement