Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Apakah Membaca Surat Yasin Bisa Hapus Dosa Bagi Seorang Muslim?

Selasa 02 Aug 2022 15:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Infografis Keutamaan Surat Yasin. Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan bagi para pembacanya

Infografis Keutamaan Surat Yasin. Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan bagi para pembacanya

Foto: Infografis Republika
Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan bagi para pembacanya.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Surat Yasin adalah surat yang melekat dalam keseharian umat Muslim di Indonesia.

Surat ini biasa dibaca pada malam Jumat secara bersama-sama dalam kegiatan Yasinan. Apa keutamaan surat tersebut dan apakah dengan membacanya bisa mengampuni dosa-dosa besar kita? 

Baca Juga

Pertanyaan tersebut mungkin tersimpan dalam diri seorang Muslim terutama yang terjerumus dalam lubang kemaksiatan dan ingin tobat dengan sungguh-sungguh. 

Surat Yasin sendiri adalah salah satu surat dalam Alquran yang diturunkan di Makkah, dengan total 83 ayat dan isinya mengenai ketauhidan dan adzan bagi orang-orang yang beriman. 

Nabi Muhammad SAW pun menyebut Surat Yasin sebagai qalbu Alquran atau jantung Alquran.

Mantan Mufti Agung Mesir, Syekh Ali Jum'ah menyampaikan, dalam riwayat Abu Qilabah dikatakan bahwa siapapun yang membaca surat Yasin maka akan mendapat ampunan. Dan siapa yang membacanya dalam kondisi lapar maka akan kenyang. 

Siapa yang membacanya saat tersesat maka akan mendapat petunjuk. Siapa yang membacanya ketika kehilangan sesuatu, maka dia akan menemukannya kembali. "Dan siapa yang membaca Surat Yasin untuk mayit, maka itu akan memberikan kemudahan (untuk mayit)," tutur dia seperti dilansir Elbalad, Selasa (2/8/2022). 

Tak hanya itu, Syekh Jum'ah melanjutkan, ketika Surat Yasin dibacakan untuk seorang wanita yang kesulitan dalam mengasuh anaknya, maka surat tersebut akan memudahkannya. 

"Dan siapa yang membacanya, maka seolah-olah dia telah membaca Alquran sebelas kali. Segala sesuatu itu memiliki qolbu (jantung), dan qolbu Alquran adalah Surat Yasin," terang Syekh Jum'ah, yang mengutip perkataan Abu Qilabah, salah satu sahabat Nabi SAW yang meriwayatkan banyak hadits. 

Terkait keutamaan Surat Yasin, Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat dari Ibnu Abbas sebagai berikut: 

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس، وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

"Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, dan hati Alquran adalah Surah Yasin. Siapa yang membacanya (Surat Yasin), Allah memberikan pahala sama seperti membaca Alquran sepuluh kali." (HR al-Darami, al-Tarmidzi, dan al-Baihaqi, dari jalur Anas bin Malik RA)

 

Sumber: elbalad   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA